Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis Geogebra pada Materi Geometri Transformasi untuk SMA

Nur Muhammad Rohim, Achmad Buchori, Yanuar Hery Murtianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran virtual berbasis geogebra pada pokok bahasan geometri transformasi untuk SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Demak dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 dan siswa kelas XI IPS 2 MAN DEMAK sebanyak (33) siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan guru, dan test berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Hasil validasi materi dan media memperoleh persentase skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat valid”; (2) Hasil Kepraktisan media pada uji coba kelompok kecil dan pada kelas eksperimen serta guru mata pelajaran memperoleh persentase skor 90% dengan kategori “sangat praktis”: (3) Hasil Keefektifan media setelah di uji coba pada kelas eksperimen memperoleh nilai N gain 0,39 atau 39% lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai N-gain 0,02 atau 2%. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembelajaran dengan menggunakan hasil pengembangan media berbasis geogebra pada materi geometri transformasi ini efektif.

Keywords


Media Pembelajaran Virtual; Geogebra; Model Pengembangan ADDIE; Geometri Transformasi; N-Gain

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid - 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6.1.20094

Dinata, K. B. (2019). Problematika Membangun Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2019/2020. Eksponen, 9(2), 01-09.

Dwiranata, D., Pramita, D., Matematika, P., & Muhammadiyah Mataram, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA (Vol. 3, Issue 1).

Fitriani. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. 2(4), 460–465.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kemendikbud. (2016b). Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Khasanah, dian ratu ayu uswatun, Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

M.Nur, I. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. Aksioma Vol.5, No.2, 76-92.

Noornia, A., Wijaksana, A.H., & Hadi, I. 2015. Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Bantuan Software Geogebra Di Wilayah Tangerang Selatan. Sarwahita, 2015, 12(2): 102-108

Nur, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan Geogebra. 16(2), 1–6.

R. A. Kurniawati et al., “WorksheetPersamaanDifferensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa,”vol. 3, no. 2, pp. 149–155, 2019

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

V. Mandalina, S. Syaharuddin, M. Firdaus, A. Abdillah, D. Pramita, and H. R. P. Negara, “Math Mobile Learning App As An Interactive Multimedia Learning Mathematics,”Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 8, no. 10, 2019

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65.

Widada, W., Agustina, A., Serlis, S., Dinata, B. M., & Hasari, S. T. (2019). The abstraction ability of students in understanding the concept of geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012082




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.14163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.