Pengembangan Media Pembelajaran Android Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran penggunaan media pembelajaran menggunakan android berbasis geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional, mengembangkan media pembelajaran android berbasis geogebra yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum di uji cobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli materi dan tanggapan siswa berkriteria baik, yaitu untuk ahli materi 88,5%, ahli media 84,5%, dan tanggapan siswa 89,35 %. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan analisis akhir dari n-gain secara keseluruhan untuk kelas eksperimen adalah 0,33. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang diperoleh diterima, artinya varians- variansnya sama. Untuk pengujian hipotesis penelitian digunakan uji-t satu pihak diperoleh > , 4,6413 > 1,676, maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan media pembelajaran menggunakan android berbasis geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Shah, S. a. (2019). Effectiveness of m-Learning Applications for Design and Technology Subject. Int. J. Interactive Mobile Technol. (iJIM) 13, 120.
Edy Suprapto, R. K. (2021). Geogebra Application Based Tutorial Materials to Improve Spatial Mathematics Abilities in Vocatoinal High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 27, No. 2.
Firdausi, R. dan Santosa, A. B. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smartphone Android Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Studi Pada Siswa Kelas XI TAV SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
Fitri Nur Indah Sari, Y. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Integrasi Geogebra untuk meningkatakan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Jurnal Pendidikan.
Ghozi, S. 2014. Pengembangan Materi Mobile Learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara Berau. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1).
Kurniawan T. M, O. D. (2014). Implementation Of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning Media. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 11.
Kusumaningsih. W, R. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Trigonometri. Media Penelitian Pendidikan.
M Hohenwater., K. F. (2013). Combination of dynamic geometry, Algebra and Calculus in the software system geogebra. IBC from https ://archiev.geogebra.org/static/publication/pecs_2004.pdf.
Rohaeti, E. E. (2020). Developing Mathematical Learning Media using Javascript-Assisted Geogebra for Critical-Creative Problem Solving Ability. Journal of Xi'an University of Architecture & Technology.
Suryawan., D. P. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma 9(1), 108.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.14269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.