Analisis Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi matematis pada materi SPLSV ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas VII MTs tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 3 siswa yaitu 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes tertulis, tes wawancara, dan angket(kuisioner). Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan Keabsahan Data yaitu menggunakan Triangulasi Waktu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam kelas VII yang saya lakukan peneltian di sekolah MTs Darul Ulum Ngaliyan literasi matematis kategori gaya belajar visual dapat menjawab soal dengan benar dan memenuhi 3 indikator pada level 1. Untuk literasi matematis kategori gaya belajar auditorial dapat menjawab soal dengan benar dan memenuhi 3 indikator pada level 1, 4 indikator pada level 2 dan 2 indikator pada level 3. literasi matematis kategori gaya belajar kinestetik dapat menjawab soal dengan benar dan memenuhi 3 indikator pada level 1, 4 indikator pada level 2, 2 indikator pada level 3 dan 6 indikator pada level 4. Selain untuk mengetahui kemampuan literasi matematis, penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan lietrasi matematis siswa. Data diambil dari penyebaran angket/ kuisioner.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus · Tita Mulyati · Hana Yunansah. 2017. Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdurrahman, Mulyono. 2014. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Amaliya, I. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05 (1), (2022) 45-56.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Bandung: PT Rineka Cipta.
Ary Nilandari. 2012. Quantum Teaching. Bandung: KAIFA.
Bobbi De Porter dan Mike Hernacki. 2010. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Deporter dan Hernaki. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Gunardi, E. 2017. Analisis Literasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Pangudi Luhur Moyudan Tahun Ajaran 2016/2017 (Universitas Sanata Dharma) Vol. 4. https://repository.usd.ac.id/11608.
Hamidah, A. 2018. “Analisis Kemampuan LIterasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam. Volume 10. No. 02, Oktober 2018, Hal. 157-162.
Muslimah, H. 2020. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8 (1), 2020. 36-43.
Muzaki, A dan Masjudin. 20192. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa”. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. P-ISSN: 2086-4280.
Rismen, S. 2022. “Kemampuan LIterasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar”. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 06, No. 01, Maret 2022, pp. 348-364.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Thomson, S., Hilman, K., & Lisa De Bortoli. 2013. A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy.
Isna. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. P-ISSN: 2615-1723.
Syawahid, M. & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121.
Susanti, E,. Salmaini Safitri Syam.(2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.14452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.