Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah erat kaitannya dengan keyakinan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika, karena keyakinan yang dimiliki siswa dalam pemecahan masalah akan mempengaruhi hasil belajar siswa, keyakinan yang dimaksud adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP Hasanuddin 6 Semarang. Pelaksanaan penelitian di lakukan di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Subjek penelitian yang di ambil 3 siswa kelas VIII C SMP Hasanuddin 6 Semarang dengan tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Intrumen dalam kemampuan ini berupa angket self efficacy, soal tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek dengan self efficacy tinggi memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah, subjek dengan self efficacy sedang memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, subjek dengan self efficacy rendah belum memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2017). Deskripsi Proses Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Pemahaman Faktual Ditinjau Dari Tingkat Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1).
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105-128.
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11-19.
Anwar, N. T. (2018, February). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148.
Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran Efikasi dan Disiplin Diri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(2), 234-249.
Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran self efficacy siswa terhadap pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 16-23.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Handayani, K. (2017). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahanmasalah Soal Cerita Matematika.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar?. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141-148
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Moma, L. (2014). Self-efficacy matematik pada siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85-94.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415-426.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.
Resmiati, T., & Hamdan, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 177-186.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64-68.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39-44.
Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1).
Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran Dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83-100.
Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2020). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 166-169.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.14979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.