Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy pada Siswa Kelas VIII

Yuliani Sirait, Sugiyanti Sugiyanti, Muhammad Prayito

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester ganjil tahun ajaran 2022/ 2023. Subjek pada penelitian yaitu kelas VIII SMPN 5 Jepara, yang berjumlah 32 siswa kemudian dikelompokkan berdasarkan indikator self efficacy tinggi, sedang dan rendah masing-masing kategori 2 siswa yang terpilih. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen utama dan instrumen bantu yang terdiri dari angket self efficacy siswa, lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara.Hasil dari  pengisian angket siswa diklasifikasikan pada 3 kategori yaitu self efficacy pada dimensi level/magnitude, strenght, dan generality. Pengelompokkan siswa ini didasarkan pada pengisian angket yang diberikan oleh peneliti, dari hasil pengisian angket tersebut diperoleh dalam bentuk presentase yaitu sebanyak 3 siswa pada tingkat self-efficacy tinggi, 26 siswa pada tingkat self-efficacy sedang, dan 3 siswa pada tingkat self-efficacy rendah. Jika dalam persentase berturut-turut menjadi 9,4% siswa yang memiliki self efficacy tinggi, 81,2% siswa yang memiliki self efficacy sedang, dan 9,4% siswa yang memiliki self-efficacy rendah. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis materi SPLDV yang memperoleh (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat self efficacy tinggi (2) Kemampuan masalah matematis siswa dengan tingkat self efficacy sedang (3) Kemampuan masalah matematis siswa dengan tingkat self efficacy rendah.


Keywords


Kemampuan pemecahan masalah; Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Kognitif Dan Kesulitan Belajar Matematika Konsep “Logika” Dengan Model Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 37–46. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.

Damianti, D. dan Afriyansyah, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Volume 8, Nomor 1, Juni 2022, ISSN 2477-278X, e-ISSN 2579-9061.

Hesti Cahyani and Ririn Wahyu Setyawati.(2016). ‘PENTINGNYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PBL UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI UNGGUL MENGHADAPI MEA’, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–60.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 1(2)

Ruliani, I. D., Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2018). Profile Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities with Krulik & Rudnick Stages Judging from Medium Visual Representation. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 22-29.

Nada,A. Muhammad Prayito & Lukman Harun. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Camper.Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2),133-140. http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.

Setyaningrum, A., Lilik A., & Sutrisno. (2017). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2nd SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang. Semarang 12 Agustus 2017.

Somakin, Darmawijoyo, Eliyati, N., & Yulianita (2019). Design Of Mathematics Learning By Using Role Playing To Investigate The SelfEfficacy Ability Design Of Mathematics Learning By Using Role Playing To Investigate The Self-Efficacy Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1), 012034.

Ulpah, Maria. (2019). Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Insania, Vol. 24, No. 1, Januari - Juni 2019. ISSN 1410-0053.

Widajati, W., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. (2018). Self Efficacy In Learning To Solve Social Problems. European Journal of Education Studies, 5(6), 31-40.

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 647–656.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.15033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.