Desain Bahan Ajar Berbentuk Pocket Book Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Anisa Nurfitriani, Dina Prasetyowati, Nizaruddin Nizaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar berbentuk pocket book matematika berbasis discovery learning yang valid untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahap Development. Berdasarkan validasi ahli media, presentase kelayakan media yang diperoleh sebesar 87,5%. Dari presentase tersebut berada pada kriteria sangat baik menurut ahli media. Kemudian pada validasi ahli materi, presentase kelayakan materi yang diperoleh sebesar 88,5%. Dari presentase tersebut berada pada kriteria sangat baik menurut ahli materi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk pocket book matematika berbasis discovery learning pada materi lingkaran valid atau layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Bahan Ajar; Pocket Book; Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Buchori, A., & Prasetyowati, D. (2020, March). Developing magic book math media based on augmented reality: Expert validity analysis. In 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019) (pp. 194-199). Atlantis Press.

Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1331–1343. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/631

Lestari, S. H. (2018). Pengembangan Buku Saku Materi Teori Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia sebagai Bahan Ajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2)(3), 202–213. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/risalah/issue/view/1573

Maemanah, S., & Saleh, H. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi dan Motivasi Diri Mahasiswa Calon Guru Matematika. Seminar & Conference Proceedings, 1, 37–45. http://103.131.16.137/index.php/cpu/article/view/6851

Prasetyowati, D. (2020). Development of Learning Videos for Junior High School Math Subject to Enhance Mathematical Reasoning. International Journal of Education and Practice, 8(1), 18-25.

Sari, E. Y. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket book Matematika SD Materi Perkalian, Pembagian, dan Mata Uang Kelas II.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alberta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.15071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot