Pengembangan Desain Didaktis pada Bahan Ajar Geometri
Abstract
Penelitain ini dilatarbelakangi oleh permasalah yang ditemukan di kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang adalah buku paket yang digunakan peserta didik yaitu buku yang dipinjamkan oleh sekolah, namun buku ini berbeda dengan buku yang digunakan pendidik. Sehingga, buku paket ini jarang sekali digunakan dalam proses pembelajaran dan kebanyakan peserta didik hanya menunggu penjelasan dari pendidik lalu mencatatnya dibuku catatan masing-masing sedangkan buku paketnya ditinggalkan dirumah, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri. Hal ini, menjadikan pembelajaran berjalan hanya satu arah saja. Mengatasi masalah tersebut, pendidik harus memiliki sumber belajar pendamping yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sekalipun dapat mengatasi masalah dalam memahami materi atau menyelesaikan soal, salah satunya menggunakan bahan ajar dengan desain didaktis. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan desain didaktis bahan ajar yang valid, efektif dan praktis. Penelitain ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk desain didaktis bahan ajar yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Untuk instrumen penelitian dilakukan melalui lembar validasi, angket dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektifitas. Sampel uji coba produk adalah seluruh siswa kelas VIII A SMPN 3 Padang Panjang. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa desain didaktis bahan ajar yang telah dihasilkan dikategorikan valid dengan persentase penilaian sebesar 78.06%. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon dikategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 82.30%. Sedangkan uji efektifitas melalui tes dikategorikan efektif dengan persentase 70.00%. Jadi, desain didaktis bahan ajar yang telah peneliti kembangkan tersebut valid, praktis dan efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung : Refika Aditama
Adhetia Martyanti, Suhartini. 2016. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pembelajaran geometri berbasis Etnomatmatika, Jurnal Gantang, Vol. II, No. 2
Aisyah, Lusi Siti. 2016. Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volum Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1
Ali, Mohammad, Muhammad Asrori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Ali Mudlofir, (2011), Apilkasi Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Dindin Abdul Muiz Lidinillah. (2012). Design Research Sebagai Penelitian Pendidikan : A theeoritical framework for Action. Tasikmalaya : PGSD UPI.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia
Immamuddin. M, dkk. 2020. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika, Al Khawarizmi, Vol.4, No.1
Kartika Yulianti , Lusi Siti Aisyah, Kusnandi. 2016. Desain Didaktis konsep luas permukaan dan volume prisma dalam pembelajaran matematika SMP, “Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika”, Vol. 1, No. 1
Lia Ardiansari, (2018) “aplikasi Didaktical Design Research dalam menggali kesulityan belajar siswa smp mempelajari mareti aljabar” . Jurnal matematika, Vol. XVIII, No. 2.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2012. Design Research Sebagai Penelitian Pendidikan : A theeoritical framework for Action. Tasikmalaya : PGSD UPI
Lusi Siti Aisyah, Kusnandi, Kartika Yulianti, (2016). Desain Didaktis konsep luas permukaan dan volume prisma dalam pembelajaran matematika SMP, “Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika”, Vol. 1, No. 1.
Suryadi, Didi. 2010. Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik, Makalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNP, Tidak diterbitkan
Suryadi, Didi. 2019. Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya, Bandung : Gapura Press
Tumudi. 2010. Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang, Bandung : JICA-FPMIPA
Wiratama, Hardyanthony. 2007. Gemometri: aturan-aturan yang mengikat, Jurnal Arsitektur, Vol. 1, No.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.15360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.