Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembelajaran Akar Kuadrat Pada Siswa Kelas IV SDN 064025 Medan

Rida Mawati Panjaitan, Sinta Dameria Simanjuntak, Ferry Hendiko Sinaga, Jesika Tarigan, Mynora Sidabutar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran akar kuadrat bagi siswa kelas IV SDN 064025 Medan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 064025 Medan yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Analisis Interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari 3 komponen, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pemahaman siswa meningkat sesuai dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal akar kuadrat terhadap waktu yang ditentukan. Pada Kondisi Awal, berdasarkan data yang dikumpulkan terdapat 15 siswa yang kesulitan terhadap mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Cooperative tipe STAD meningkatkan hasil belajar matematika tentang penyelesaian soal akar kuadrat bagi siswa Kelas IV SDN 064025 Medan terhadap waktu yang ditentukan.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. 2014. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1 (1): 1–19.

Br Ginting, Yumitra Falenthine, and Reany Stephanie. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 1 (01): 9–19. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1237.

Junaidah. 2013. “Peningkatan Aktifitas Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Matematika Realistik Pembelajaran Operasi Hitung Campuran,” 1–12.

Mariyati, Yuni, and N. Sari. 2017. “Efektifitas Penggunaan Jarimatika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Kelas III SDN 2 Tamansari.” Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 2 (1): 30–35.

Melgusmayenti, and Isnaniah. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII.6 SMPN 5 Bukit Tinggi” 5 (9): 1–23.

Muhamad Afandi. 2014. “PTK, Pembelajaran, Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR ” 1 (1).

Rahmah, Nur. 2018. “Hakikat Pendidikan Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 1 (2): 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.

Republik, Kementerian Agama. n.d. Buku Guru Indonesia.

Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “Pendidikan Dasar.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5 (3): 248–53.

Wulandari, Innayah. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4 (1): 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i1.15638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.