Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMP Kelas VIII

Ulmi Dina Nuranisa, Intan Indiati, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang valid (layak), praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) serta desain penelitian Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas produk e-modul yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon peserta didik, dan tes. Hasil dari penelitian ini untuk aspek kevalidan dari validasi ahli media 94% dan ahli materi 90,5% keduanya termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga valid digunakan pada pembelajaran. Aspek kepraktisan dari angket respon peserta didik didapatkan persentase 78,67% termasuk dalam kategori praktis. Aspek efektivitas dari ketuntasan belajar klasikal 87,5% sehingga dikatakan efektif. Selanjutnya perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel = 6,0361 > 1,6698 maka H0 ditolak, sehingga hasil belajar kelas eksperimen menggunakan e-modul matematika berbasis pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis pendekatan saintifik valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika.


Keywords


e-modul; pendekatan saintifik; pengembangan

Full Text:

PDF

References


Abadi, M. K., Pujiastuti, H., & Assaat, L. D. (2016). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student, 755(1). Journal of Physics: Conference Series.

Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP, 05 (01), 391–400. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.

Fatmawati, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik, 2 (2), 232–239. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik.

Maryam, M., Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII, 10 (1), 1–12. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Masithoh, D. (2018). Teachers ’ Scientific Approach Implementation in Inculcating the Students ’ Scientific Attitudes, 6 (1), 32–43. Jurnal Prima Edukasia.

Nafi’ah, B., & Suparman. (2019). Pengembangan E-Modul Program Linear Berorientasi Higher Order Thinking Skills Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMK Kelas X, 5(1), 134–143. Prosiding Sendika.

Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, 4 (1), 25–36. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran.

Rochsun, & Agustin, R. D. (2020). The Development of E-module Mathematics Based On Contextual Problems, 7 (10), 400–412. European Journal of Education Studies.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). Jakarta: KENCANA.

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras, 1 (7), 1395–1406. Jurnal Inovasi Penelitian.

Sunaryo, S., Kushermawati, A., & Delina, M. (2020). E-Modules on Problem Based Learning to Improve Students ’ Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) , 11 (1), 444–457. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan, 3 (2), 206–220. Jurnal Equation.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif, 1 (2), 13–20. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i4.15815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.