Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Taksonomi Solo

Frumensia Frumensia Wea, Marhadi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika, yakni meliputi: letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam memecahkan masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat diidentifikasi berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO singkatan dari kata “Structure of the Observed Learning Outcome” yang berarti struktur dari hasil belajar yang diamati. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengkategorikan siswa dalam lima level taksonomi SOLO yakni level prestructural, unistructural, multistructural, relational, dan extended abstract. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas, 4 orang siswa ditemukan kecenderungan level yang memenuhi prestructural, unistructural, relational, dan multistruktural. Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya siswa dengan kecenderungan pada level ekstended abstract.


Keywords


Analisis Kesalahan, Memecahkan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar, Taksonomi SOLO

Full Text:

PDF

References


Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225-233.

Asikin, M. (2002). Pengembangan Item Tes dan Interpretasi Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Geometri Analit Berpadu pada Taksonomi Solo.Laporan Penelitian: Lemlit UNNES Semarang.

Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. (2013). Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 101-107

Sriati Kunim (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar ditinjau dari taksonomi SOLO. Griya Journal of Mathematics Education and Application.

Sutriyono., & Cahyani, C. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26-30.

Indrawati. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Dian Septi. N.A, (2018) Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas VIII, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (1), 2018, 1-9




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i2.15825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.