Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Multiple Solution Task (MST) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa SMP

Gridenty Emasafira Irenata, Sugiyanti Sugiyanti, Didik Purwosetiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah multiple solution task. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede dengan jumlah 18 siswa yang dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 subjek yaitu dua subjek dengan kemampuan matematika tinggi, dua subjek dengan kemampuan matematika sedang, dan dua subjek dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik penelitian yang digunakan dalam analisis adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi subjek AHL mampu memunculkan tiga indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan dan kebaruan, sedangkan subjek KPM hanya mampu memunculkan dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan keluwesan . 2) siswa dengan kemampuan matematika sedang subjek SAK dan SM hanya memunculkan dua indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran dan keluwesan. 3) siswa dengan kemampuan matematika rendah subjek RDS dan MYB hanya memunculkan satu indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Multiple Solution Task; Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

References


Faelasofi, Rahma. 2017. “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang.” JURNAL e-DuMath 3 (2): 155–63. https://doi.org/10.26638/je.460.2064.

Muthaharah, Y A. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar.” e-Jurnal Mitra Pendidikan 2 (1): 63–75. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/264.

Oktaviani, Mirza Amelia, Sisworo, dan Erry Hidayanto. 2018. “Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkemampuan Spasial Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Berdasarkan Tahapan Wallas.” Jurnal Pendidikan 3 (7): 935–44.

Purba, Dianti, dan Roslian Lubis. 2021. “Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah.” Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 4 (1): 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu.

Putri, Vivin Septiana Riyadi, dan Pradnyo Wijayanti. 2013. “Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 98–103.

Wulandari, Setyati Puji, Imam Sujadi, dan Dyah Ratri Aryuna. 2016. “Profil Pemecahan Masalah SPLDV dengan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 724–32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21778.

Xaverius, Fransiskus, Didik Purwosetiyono, dan Edy Bambang Irawan. n.d. “THE CONCEPT OF PROSPECTIVE TEACHERS TEACHING MATH” xx (x): 1–9.

Yuli Eko Siswono, Tata. 2006. “Desain Tugas Mengidentifikasikan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika.” Pancaran Pendidikan, 1–14.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.