Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa

Kamelia Nahar Fairuzia, Lukman Harun, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis materi relasi dan fungsi pada siswa dengan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling atau dapat diartikan sebagai pemilihan sampel disesuaikan dengan tujuan tertentu. Pertimbangan dalam menentukan subjek penelitian didasarkan hasil kuesioner atau angket self-efficacy yang sebelumnya sudah disebar ke-28 siswa kelas VIII A SMP Negeri Tersono. Kemudian ke-28 siswa tersebut dikelompokkan berdasarkan tingkat self-efficacy nya. Persentase hasil angket yang diperoleh yaitu: 46.4% siswa dengan self-efficacy tinggi, 28.6% siswa dengan self efficacy sedang, dan 25% siswa dengan self-efficacy rendah, maka selanjutnya dipilih 1 siswa disetiap kategori sebagai subjek utama penelitian. Instrumen penelitian ini adalah angket skala self-efficacy, tes tertulis komunikasi matematis, serta wawancara berbasis tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek dengan self-efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi dikarenakan secara umum sudah memenuhi ketiga aspek indikator komunikasi matematis yaitu: written text, drawing dan mathematical expression,(2) subjek dengan self-efficacy sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sedang dikarenakan hanya cukup memenuhi 2 aspek yaitu written text dan mathematical expression,(3) subjek dengan self efficacy rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah dikarenakan secara umum belum memenuhi ketiga aspek komunikasi matematis.

Keywords


Komunikasi matematis; Relasi dan fungsi; Self-efficacy.

Full Text:

PDF

References


Amatul Wahid, Lulu, and Rina Marlina. 2022. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi.” Didactical Mathematics 4(1):138–47. doi: 10.31949/dm.v4i1.2004.

Ariawan, Rezi, and Hayatun Nufus. 2017. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 1(2):82–91.

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy, The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Fachrurozi, Achmad. 2019. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan Kelas IX.” Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang. (Diakses dari https://library.upgris.ac.id/digital ).

Johanda, Monasari, Yeni Karneli, and Zadrian Ardi. 2019. “Self-Efficacy Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah Di SMP Negeri 1 Ampek Angkek.” Jurnal Neo Konseling 1(1):1–5. doi: 10.24036/.

Juhrani, Suyitno, Hardi, Khumaedi. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self- Efficacy Siswa Pada Model Pembelajaran Mea Universitas Negeri Semarang , Indonesia.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 6(2):251–58.

Riasari, Diana. 2018. “Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(4):813–20.

Rosidah, Ika Dzawy, Uswatun Hasanah, Nadya, and Sulistiawati. 2019. “Analisis Problematika Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 Universitas Muhammadiyah Tangerang (April):56–62.

Siregar, Nur Fauziah. 2018. “Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika.” Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 6(02):74. doi: 10.24952/logaritma.v6i02.1275.

Subaidi, Agus. 2016. “Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” ∑Igma 1(2):64–68.

Wardhana, Ibnu, and Moch Lutfianto. 2018. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6. doi: 10.30738/.v6i2.2213.

Wardhani, Aditya Kusuma, Haerudin, and Ramlah. 2022. “Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam.” Jurnal Didactical Mathematics 4(April):94–103.

Wida, Martha, Kusuma Dewi, and Reni Nuraeni. 2022. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Materi Perbandingan Di Desa Karangpawitan.” Jurnal Pendidikan Matematika 2:151–64. doi: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1586.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.