Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Widya Kusumawati, Lukman Harun, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Weleri. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui dua tahap yaitu analisis data awal dan analisis data akhir. Pada analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sedangkan pada analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, uji regresi linear sederhana, dan uji rata-rata dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D mencapai KKM, 2) terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D, dan 3) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan open-ended berbantuan cabri 3D lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model Problem Based Learning.


Keywords


efektivitas; Problem Based Learning; open-ended; cabri 3D; kemampuan pemahaman konsep matematis

Full Text:

PDF

References


Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10922

Amalia, G. P., & Rudhito, M. A. (2013). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Program Cabri 3D Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sudut Garis dan Bidang di Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains Dan Matematika, UKSW, 4(1), 165–173.

Astuti, & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16

Djampang, S., Ilyas, M., & Basir, F. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Bajo. Proximal : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 86–97.

Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 25–33. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Fauziyah, L., & Kartono. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 59–67. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Giyarti. (2021). Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Prisma, 10(2), 234–243. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1836

Ilmi, R. W., Sridana, N., Lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2022). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Keterampilan Metakognisi Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 26–44. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.151

Rachmawati, Y., Susilo, & Prasetyo, A. P. B. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) with Open-Ended Approach on Problem Solving Ability. Journal of Primary Education, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.15294 /jpe.v10i1.34301

Retnosari, A., Bharata, H., & Widyastuti. (2019). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 272–283.

Sabar, M. N. (2017). Effectiveness of Problem Based Learning Model (PBL) Setting Open Ended Approach in Mathematics Learning. Jurnal Daya Matematis, 5(3), 419–427. https://doi.org/10.26858/jds.v5i3.4849

Sinaga, C. V. R., & Sijabat, A. (2023). Implementasi Software Cabri 3D terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Journal on Education, 5(3), 10690–10697. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1971

Ulfa, F. M., & Asriana, M. (2018). Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 289–298.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.