Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif

Welly Wicaksono, Sugiyanti Sugiyanti, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS ditinjau dari gaya belajar dan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case studies). Subjek penelitian adalah 6 siswa dari XII MIPA 3 SMA Negeri 2 Brebes. Pemilihan subjek  penelitian berdasarkan hasil pengisian angket gaya belajar siswa menggunakan instrumen angket gaya belajar dan hasil tes gaya kognitif menggunakan instrumen Matching Familiar Figures Test (MFFT). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa  dengan gaya belajar visual dan gaya kognitif reflektif memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (2) Siswa dengan gaya belajar visual dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator indikator kemampuan penalaran matematis; (3) Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya kognitif reflektif memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (4) Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis; (5) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya kognitif reflektif memenuhi enam indikator kemampuan penalaran; (6) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya kognitif impulsif memenuhi lima indikator kemampuan penalaran matematis.

Keywords


analisis; gaya belajar; gaya kognitif; kemampuan penalaran matematis; soal HOTS

Full Text:

PDF

References


Ario, M. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.

Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2016, May). Reasoning Ability Students in Mathematics Problems Solving Viewed from Cognitive Style. In The 2nd International Seminar on Educational Technology (Vol. 99).

De Porter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (cetakan II).

De Porter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, ed. ke 1. Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman & Sari Meutia. Bandung: Kaifa.

De Potter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Faisal, F., Srimuliati, S., Ulya, K., & Damayanti, L. (2023). Profil Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 94-109.

Fauziah, N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 119-124.9888

Handayani, E., & Ratnaningsih, N. (2019, November). Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

HINDUN, H., Theis, R., & Winarni, S. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Gaya Belajar Visual dan Auditori Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Siswa SMP Kelas VII. UNJA.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 588-595).

Miles, M. B. D. A. (1992). Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–metode Baru, 2829-0747.

Rozencwajg, P., & Corroyer, D. (2005). Cognitive processes in the reflective-impulsive cognitive style. The Journal of genetic psychology, 166(4), 451-463.

Rozencwajg, P., Aliamer, V., & Ombredane, E. (2009). Le fonctionnement cognitif d’enfants atypiques à travers leur QI. Pratiques psychologiques, 15(3), 343-365.

Rozencwajg, Paulette & Corroyer, Denis. (2005). Cognitive Processes in the Refl ective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 2005, 166(4), 451 – 463.

Sayuri, M., Yuhana, Y., & Syamsuri, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 403-414.

Sayuri, M., Yuhana, Y., & Syamsuri, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 403-414.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika, 2.

Sholihah, N. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 RAMBIPUJI DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember).

Touwa, E. K. (2019). PROFIL PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF.

Warli, W. (2014). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190-201.

Warli. (2010). “Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika”. Disertasi. PPs UNESA Surabaya.

Warli. 2008. Pentingnya Memahami Gaya Kognitif Impulsif-Reflektif bagi Guru. Majalah Ilmiah Sain dan Edukasi, Vol.6, No. 2 Juli 2008. Lembaga Penelitian IKIP PGRI Jember.

Warli. 2009. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif (Studi Pendahuluan Pengembangan Model KBR-I). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), (http:eprints.uny.ac.id, Diakses 20 Juni 2017)

Widjaya, W. (2010). Design Realistic Mathematics Education Lesson. In Disajikan dalam Seminar Nasional Unsri (Vol. 1).

Zuhri, M. S. (2013). Karakteristik penalaran siswa kelas xi sekolah menengah atas tentang sampel yang memiliki kemampuan matematika rendah. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1/MARET).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.16653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.