Analisis Self Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan self efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari 3 gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Randublatung. Dengan menggunakan purposive sampling terpilih masing-masing 2 siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu peneliti, angket gaya belajar, tes pemecahan masalah, angket self efficacy dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan self efficacy dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual memenuhi 14 indikator yaitu pada aspek dimensi magnitude, aspek dimensi strength dan aspek dimensi generality (2) dari gaya belajar auditori memenuhi 16 dari aspek dimensi magnitude, aspek dimensi strength dan aspek dimensi generality (3) dari gaya belajar kinestetik memenuhi 19 indikator yaitu dimensi magnitude, aspek dimensi strength dan aspek dimensi generality (4) faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya self efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika untuk setiap gaya belajar yaitu perbedaan karakteristik gaya belajar serta kesesuaian gaya mengajar dan gaya belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, I. N., Agustina, E. N. S., & Kusumawati, I. B. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Respository STKIP PGRI Sidoarjo.
Bandura, A. (2002). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.
De Porter, B., Readon, M., & Singer-Nourie, S. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Dwi Aprilia, N., Listiwikono, E., Hariastuti, R. M., & Matematika, P. P. (2018). Identifikasi Kemampuan Self Confidence Calon Guru Matematika Dalam Penyelesaian Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar. TRANSFORMASI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 23–36.
Hepsi Nindiasari, N. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Jaenudin, H. N. (2017, Juli). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima.
Satiadarma, M. P. (2000). Dasar-dasar psikologi olahraga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Syam, S., Rahman, U., & Nursalam. (2016). Pengaruh Pengetahuan Metakognisi dan Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 231–244.
Ulvah, Shovia, dan Afriansyah, Ekasatya A. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, Vol. 2, No. 2, November 2016.
Wulandari, N. S. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Basedlearning Di Man Kisaran. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24114/jami.v3i2.8992
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.