Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Mayong di Tinjau Bedasarkan Kemampuan Matematis Siswa

Nurulina Aulia Wijaya, Muhtarom Muhtarom, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Kemampuan literasi matematika merupukan sebuah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Menurut Polya kemampuan itu dapat di tinjau melalui tahapan, memahami masalah, mmbuat rencana peyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematik ditinjau dari kemampuan awal rendah, kemampuan awal sedang dan kemampuan awal tinggi. Jenis penelitian ini merupakan kulaitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Mayong. Subjek ditentukan melalui hasil nilai ulangan harian matematika siswa. Data dalam penelitian didapatkan melalui nilai ulangan harian matematika siswa, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis yang digunakan dalam penelitian ini berupa dua soal uraian materi (SPLDV) sistem persamaan dua variable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan matematis rendah belum memenuhi ke empat indikator kemampuan matematis yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. (2) Siswa dengan kemampuan matematis sedang hanya memenuhi bebarapa indikator diantaranya memahamai masalah dengan menuliskan unsur diketahui dan ditanayakan, Membuat rencana penyelesaian dengan membuat model matematis namun masih kurang tepat, memlaksanakan penyelesaian namun kurang tepat dalam menghitung, serta belum bisa memeriksa kembali hasil yang diperoleh serta belum menarik kesimpulan. (3) Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi smua indikator yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian dengan tepat, melaksanakan penyelesaian dengan benar dan tepat serta mampu memeriksa kembali jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat.


Keywords


Analisis; Literasi Matematika; Kemampuan Matematis

Full Text:

PDF

References


Airlanda, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Aminah, S., Dwiyati, N. K., & Mulyono. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems ( OEP ). Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 51–57. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28865

Anik Wijayanti, Muhammad Saifuddin Zuhr, dan Muhtarom. 2019. “Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Tipe Open Ended Pada Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari kemampuan Matematis Tingkat Tinggi dan rendah.” Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4th Sebatik) Program Studi Pendidikan Matematika FPIMATI-Universitas PGRI Semarang, 340–45.

Aningsih, A. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Reseapedia, 1(1), 5–24.

Asmara, A, Waluya, S. B, dan Rochmad. 2018. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika.” Scholaria 7: 135–42. https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/download/6698/5018.

Baharuddin, A Faisal, dan Lambertus. 2020. “Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Negeri 03 Bombana.” Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 5: 123–35.

Bobby Ojose. “Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?” Jurnal of Mathematics Education 4, no. 89–100 (2011).

Fatoni, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora Universitas PGRI Madiun, 1, 68–77. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDR

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (the Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1).

Himmah, W. I., & Sulasdini, S. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 5(2), 189–199. https://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/2704%0Ahttps://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/download/2704/1829

Lisnawati, I dan Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Kholifasari, Iyon Maryono, dan Yayu Nurhayati Rahayu. 2020. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Students’ Mathematical Literacy Ability.” Mathematics Education on Research Publication (MERP I ). : https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs.

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Muhtarom dan Mirna Wati. 2019. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang.” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

NCTM (2000), Principles and Standards for School Mathematics, Reston: NCTM.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD publishing

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.

OECD, The PISA (2003) Assessment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: Author, 2003.

Putri Eka Indah Nuurjannah, Windi Amaliyah, dan Aflich Yusnita Fitrianna. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 30 Mei 2018, 16–28. https://doi.org/doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016.

Rachman, T. (2018). Proses Berpikir. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1966, 10–27.

Rosdianah, Rosdianah, Kartinah Kartinah, dan Muhtarom Muhtarom. 2019. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1 (5): 120–32. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458.

Russefendi, E. T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG. Tarsito. Bandung.

Salim, Peter dan Yenny Salim. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press

Setiasih, E., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Strategi REACT Berpendekatan SPUR. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2015. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/344/365

Setiawan, H., Dafik, & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember., November, 244–251.

Simangunsong, V. H. (2021). Hubungan Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Matematika Dengan Pendidikan. Sepren, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.513

Siti, U. (2018). (2014). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Stacey, K dan Rose. 2010. “Mathematical and Scientific Literacy Around The World.” Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 1–6. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/jsmesea.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.