Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tunagrahita dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Phenomenon, 15-28.
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume, 159-170.
Aras, A. D., Asdar, & Rahman, A. (2019). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Luwu Timur. Mathematics Education Postgraduate Program, 1-13.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, W., & Indianto, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita pada Pokok Bahasan Perkalian. JRR, 22-28.
Chen, M. J., Lee, C. Y., & Hsu, W. C. (2015). Influence of Mathematical Representation and Mathematics Self-Efficacy on The Learning Effectiveness of Fifth Graders in Pattern Reasoning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 1-16.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Dewi, S. V., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Penerapan Open-Ended. SESIOMADIKA, 680-688.
Dian, L. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 766-776.
Hidayah, M., Sujadi, I., & Pangadi. (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 20-32.
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 19-25.
Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh dan Pengenalan Angka untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. SNATIF, 13-20.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Natonis, S. F., Daniel, F., & Gella, N. J. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3025 - 3033.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 56-63.
Permatahati, F. D., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember. UNEJ JURNAL EDUKASI, 27-31.
Rangkuti, A. N. (2014). Representasi Matematis. Forum Paedagogik, 110-127.
Rochyadi, E. (2012). Modul Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: UPI.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 33-44.
Sandie, Usodo, B., & Riyadi. (2013). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 157-166.
Sari, W. M. (2013). Penggunaan Media Timbangan Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 416-427.
Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Senjaya, A. J., Sudirman, & S.W., P. E. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1-8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharmini, T. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Sulastri, Marwan, & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 51-69.
Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMP Inklusi Kota Metro. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 94-104.
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 49-55.
Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.
Usti, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Pancing Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan. JUPEKHU, 478-488.
Yahya, F. (2018). Gaya Belajar Anak Tunagrahita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SLB C Dharma Pendidikan Sidoarjo. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.