Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tunagrahita dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar

Alda Al Qurni, Noviana Dini Rahmawati, Supandi Supandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis siswa tunagrahita dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang diambil adalah tiga siswa tunagrahita yang memiliki gaya belajar visual dan tiga siswa tunagrahita yang memiliki gaya belajar kinestetik. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan daya menggunakan triangulasi metode  yaitu membandingkan data hasil tes tertulis dengan data hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis dengan memperhatikan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa tunagrahita. Kesimpulan pada penelitian ini adalah subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan representasi visual yang sangat tinggi, kemampuan representasi simbolik sedang, dan kemampuan representasi verbal yang rendah. Sementara subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan representasi simbolik tinggi, kemampuan representasi visual sedang, dan kemampuan representasi verbal yang rendah.

Keywords


kemampuan representasi; siswa tunagrahita; soal cerita; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Phenomenon, 15-28.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume, 159-170.

Aras, A. D., Asdar, & Rahman, A. (2019). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Luwu Timur. Mathematics Education Postgraduate Program, 1-13.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, W., & Indianto, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Anak Tunagrahita pada Pokok Bahasan Perkalian. JRR, 22-28.

Chen, M. J., Lee, C. Y., & Hsu, W. C. (2015). Influence of Mathematical Representation and Mathematics Self-Efficacy on The Learning Effectiveness of Fifth Graders in Pattern Reasoning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 1-16.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Dewi, S. V., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Penerapan Open-Ended. SESIOMADIKA, 680-688.

Dian, L. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gejayan. Jurnal Widia Ortodidaktika, 766-776.

Hidayah, M., Sujadi, I., & Pangadi. (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 20-32.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 19-25.

Irsyadi, F. Y., & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh dan Pengenalan Angka untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. SNATIF, 13-20.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Natonis, S. F., Daniel, F., & Gella, N. J. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3025 - 3033.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 56-63.

Permatahati, F. D., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember. UNEJ JURNAL EDUKASI, 27-31.

Rangkuti, A. N. (2014). Representasi Matematis. Forum Paedagogik, 110-127.

Rochyadi, E. (2012). Modul Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: UPI.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 33-44.

Sandie, Usodo, B., & Riyadi. (2013). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 157-166.

Sari, W. M. (2013). Penggunaan Media Timbangan Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 416-427.

Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Senjaya, A. J., Sudirman, & S.W., P. E. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1-8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharmini, T. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Sulastri, Marwan, & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 51-69.

Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMP Inklusi Kota Metro. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 94-104.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 49-55.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Usti, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Pancing Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan. JUPEKHU, 478-488.

Yahya, F. (2018). Gaya Belajar Anak Tunagrahita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SLB C Dharma Pendidikan Sidoarjo. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.16816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.