Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berkonteks Etnomatematika Pada Candi Borobudur

Ridwan Widodo, Intan Indiati, Ali Shodiqin, Farida Nursyahidah

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Kurangnya implementasi media pembelajaran yang menarik membuat siswa bosan dengan suasana belajar. Mengakibatkan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Augmented reality adalah salah satu bentuk media yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran di era sekarang. Bentuk dari AR sendiri mengimplementasikan dunia maya ke dalam dunia nyata. Pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan apabila bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis AR yang berkonteks etnomatematika pada candi borobudur. Adanya keterkaitan konteks candi borobudur dengan AR akan membantu siswa dalam proses pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa media yang dihasilkan mendapat kelayakan sebesar 88% berdasarkan angket respon siswa, validasi kelayakan media 87% dan kelayakan materi 94% dari validator ahli, terjadi rata-rata hasil belajar media AR yang lebih baik dibanding pembelajaran secara konvensional, terjadi keaktifan belajar siswa sangat baik pada saat menggunakan media AR.

Keywords


media pembelajaran; augmented reality; etnomatematika; candi borobudur

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40.

Anwar, H. (2017). Hasil Belajar Barisan Dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 3(2), 113–122.

Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dal Am Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal On Education, 1(2), 390-399.

Aulia, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Mip App Inventor Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X Smkn 1 Kinali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1475-1485.

Candra, U. D. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Sma Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Javed, A., Kim, Y.-C., Khoo, M. C. K., Ward, S. L. D., & Nayak, K. S. (2016). Dynamic 3-D Mr Visualization And Detection Of Upper Airway Obstruction During Sleep Using Region-Growing Segmentation. Ieee Transactions On Biomedical Engineering, 63(2), 431–437.

Laili, A. N., Akmalia, D. A., Silmi, E. N., Ummah, S. N., Nayyiroh, Z., & Fauzi, I. (2022). Analisis Problematika Pendidik Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 317-328.

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Development Of Augmented Reality-Based Learning Media. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36-48.

Nabuasa, A., & Blegur, I. K. S. (2022). Faded Example Sebagai Alat Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Matematika Sekolah. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 83-89.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).

Purbasari, R. J. 2013. Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. [Online]. Diakses pada http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel629A 7613BF0506BACDD417F2B66AEF50 .pdf

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481-488.

Saputra, A. M. A., Ramadhani, K., & Ramadhani, S. (2023). Penggunaan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Islam Makassar. Teknos: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 40-52.

Suryanti, W. E. (2015). Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. e-Jurnal Mitra sains, 3(5), 51–60.

Walle. 2007. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. (Jakarta: Erlangga).

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Karakteristik Dan Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Widya Accarya, 10(1).

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 59-68.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i6.17991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.