Analisis Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemanrian Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bilangan Bulat

Maranatha Maranatha, Dina Prasetyowati, Heni Purwati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemandirian belajar ketika menyelesaikan soal matematika bilangan bulat. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Masehi 1 PSAK VII A yang berjumlah 32 orang. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar sedang, dan 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis, wawancara dengan dokumen pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/validasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan enam indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, overview. (2) siswa dengan kemandirian belajar sedang menunjukkan empat indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation. (3) siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya menunjukkan satu indikator berpikir kritis yaitu focus.

Keywords


Berpikir Kritis; Menyelesikan Soal; Kemandirian Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdul, J., & Siskawati, F. S. (2021). Kata kunci : Berfikir kritis, penyelesaian soal cerita matematika. 1989.

Buchori, A., Rasiman, R., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2015). Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 113. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2570

Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 98. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.988

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Rickard, A. (2005). Evolution of a Teacher’s Problem Solving Instruction: A Case Study of Aligning Teaching Practice with Reform in Middle School Mathematics. RMLE Online, 29(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/19404476.2005.11462024

Studi, P., & Matematika, P. (2017). Anzora (2017). II(2), 99–104.

Wijayanto, T. W., Purwosetiyono, D., Prasetyowati, D. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN WORD PROBLEM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Silogisme




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i1.18270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.