Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemadirian Belajar Siswa SMP

rhein amalia, widya kusumaningsih, Dian endahwuri

Abstract


Kemampuan berpikir aljabar siswa perlu dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal kubus dan balok ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII E SMP N 3 Semarang yang dipilih berdasarkan hasil tes angket. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan tes angket kemandirian belajar dari 32 siswa kelas VIII dipilih  6 siswa yang terdiri dari 2 subjek dengan kemandirian belajar lemah, 2subjek dengan kemandirian belajar kuat, dan 2 subjek dengan kemandirian belajar sangat kuat. Instrument yang digunakan pada penelitian yaitu tes angket kemandirian belajar untuk menentukan subjek penelitian, soal kubus dan balok untuk memunculkan kemampuan berpikir aljabar siswa, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu melakukan pengeccekan data yang telah diperoleh dari sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda. Hasil peneltian berdasarkan tes dan wawancara diperoleh 1) subjek dengan kemandirian belajar lemah subjek mampu memunculkan indikator generasional dan indikator transformasional 2) subjek dengan kemandirian kuat subjek mampu memunculkan indikator generasional, indikator transformasional dan indikator level-meta global 3) subjek dengan kemandirian sangat kuat subjek mampu memunculkan indikator generasional, indikator transformasional dan indikator level-meta global

Keywords


kemampuan berpikir aljabar; kemandirian belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Antika, R. (2019). Peningkatn motivasi belajar matematika melalui pembelajaran

matematika kontekstual. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 130-141.

Amerom, B, A, Van. (2002). Reinvention of Early Algebra: Developmental Research on

The Transition From Arithmetic To Algebra. Cd-[Beta] Press, Center for Science

and Mathematics Education.

Dahlan, J. A. (2011). Analisi Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014) Penilaian Pembalajaran Matematika. Bandung: PT

Refika Aditama.

Rahmawati, Y., Setyadi, D., & Mapouw H. L., 2018. Deskripsi kemampuan Berpikir

Aljabar siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. (hlm, 282-293). Salatiga:UKSW.

Kholifa. 2016 “ Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik Krulik_Rudnick Terhadap

Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa” Skripsi. Tidak Ditertibkan.

Kieran, C, 2004. Algebra Thinking In the Early Grades: What Is It ? edited by M, Educator.

Kusumaningsih, W. (2016). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar dan

Belajar Siswa SMP. SENATIK

Suhendri 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap

Hasil Belajar Matematika (hlm 29-39). Jurnal Formatif.

Sibgatullin, I. R., Korzhuev,A V., Khairullin, E R., Sadykova, A R., Baturina, R, V., &

Chauzova, V . (2022). A Systematic Review on Algebraic Thinking I=in Education.

Eurasia Journal of Matematics, Science and Technology Education, 18(1), 1-15

Slameto. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahputra, D.(2017). Pengaruh kemadirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap

Kemampuan Memahami Jurnal Penyelesaian Pada SMA Melati Perbaungan. At

Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i3.18776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.