Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lumintu Khas Kabupaten Semarang dalam pembelajaran Transformasi Geometri

Adinda Sekarsari, Raekha Azka

Abstract


Konsep matematika dikaitkan dengan konteks budaya memberikan peran yang besar dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi objek-objek pada Batik Lumintu yang  berkaitan dengan konsep matematika yang ada di sekolah. Penelitian ini, merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrument pendukung dalam penelitian ini meliputi studi literatur, dokumentasi serta catatan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Lumintu khas Kabupaten Semarang memiliki nilai etnomatematika yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika pada materi transformasi geometri. Batik ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa dalam materi transformasi geometri.


Full Text:

PDF

References


Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, Dan Jender, 12(1), 14–31.

Christanti, A. D. I., Sari, F. Y., & Pramita, E. (2020). Etnomatematika Pada Batik Kawung Yogyakarta Dalam Transformasi Geometri. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 435–444. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/438

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/9761

Istianah, Dewi, H., & Rossi, P. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Kopi(coffea sp). Mediagro, 11(2), 1–14.

Kurniasih, M. D., & Handayani, I. (2017). Tangkas Geometri Transformasi. PT Rajagrafindo Persada.

Marwan Ali, A., & Prasetia, Y. (2021). Golden Ratio pada Candi Gedong Songo. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2721), 1–6. https://doi.org/10.21831/pspmm.v3i0.139

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI., 758–766. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952

Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rohani. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sudirman, Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Pedagogy, 2(1), 74–85. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/662

Warli, D., & Musa, S. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DAN ETNOSAINS (ETNOMATHSAINS) PADA BATIK BOMBA. In Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains (Vol. 3, Issue 1).

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.18859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.