Analisis Kemampuan Koneksi Matematika pada Materi Statistika Ditinjau dari Self Confidence
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika pada materi statistika ditinjau dari Self Confidence. Pada penelitian ini subjek yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randublatung. Pemilihan subjek dilakukan menggunakan metode purposive sampling untuk memilih 1 siswa dengan tingkat Self Confidence tinggi, 1 siswa dengan tingkat Self Confidence sedang, dan 1 siswa dengan tingkat Self Confidence rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/validasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Siswa yang memiliki tingkat Self Confidence tinggi memiliki kemampuan koneksi dalam setiap indikator kemampuan koneksi matematika. (2) Siswa yang memiliki tingkat Self Confidence sedang memiliki kemampuan koneksi matematika yang baik dalam 2 indikator dan kurang mampu dalam menyelesaikan 3 intikator lainnya. (3) Siswa yang memiliki tingkat Self Confidence rendah memiliki kemampuan koneksi matematika yang kurang mampu dalam 2 indikator dan tidak mampu dalam 3 indikator lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Maharani, K. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Di Smpn 1 Tambakromo Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013
Pettersson, C. (2018). Psychological well-being, improved self-confidence, and social capacity: bibliotherapy from a user perspective. Journal of Poetry Therapy, 31(2), 124–134. https://doi.org/10.1080/08893675.2018.1448955
Putri, Y. O., & Jamiah, Y. (2015). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence Pada Materi Persamaan Garis Lurus.
Rahmawati, U. N., Sugiatno, & Hamdani. (2015). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1–14.
Risdayati, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self Confidence. 3(2), 6.
Risdayati, A. H., Nurdin, E., & Kurniati, A. (2022). Students’ Mathematical Connection Ability in Terms of Self-Confidence. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.33578/prinsip.v4i2.106
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i3.18966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.