Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan menggunakan media Wolfram Mathematica terhadap kemampuan pemecahan masalah probabilistik siswa SMA
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain kontrol post-test terutama untuk tujuan penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Wolfram Mathematica bersama dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran penemuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah menengah di bidang probabilitas. Sampel penelitian dipilih melalui metodologi cluster random sampling. Kelompok Eksperimen I diberi label X-5, Kelompok Eksperimen II diberi label X-1, dan Kelompok Kontrol diberi label X-3. Informasi dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah probabilistik bergantung pada model pembelajaran yang digunakan: model pembelajaran tradisional, model pembelajaran berbasis masalah dengan media Wolfram Mathematica, dan model pembelajaran penemuan dengan media Wolfram Mathematica. Terdapat perbedaan yang mencolok dalam keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran penemuan dengan media Wolfram Mathematica dalam menyelesaikan soal-soal probabilistik. Selain itu, siswa yang menggunakan model discovery learning dengan media Wolfram Mathematica menunjukkan tingkat kompetensi yang lebih tinggi dalam menyelesaikan soal-soal probabilistik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terakhir, kemampuan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Wolfram Mathematica dalam menyelesaikan soal-soal probabilistik sama dengan kemampuan siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan dengan media Wolfram Mathematica.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868.
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101-110.
Kalaka, F. R. S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pascasarjana, 2(1).
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.
Mandela, D., & Wijayanti, D. (2023, November). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Kelas 4 SDN Rejowinangun 1. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 2, No. 1, pp. 163-166).
Naziroh, S., Arifin, S., & Paradesa, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Nur, S. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat.
Nur, S. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(1), 24-31.
Puspitasari, A. M., Suhartono, S., & Kushartantya, K. (2013). Sistem Pakar Berbasis Web dengan Metode Probabilitas Klasik untuk Diagnosa Penyakit Tuberkulosis Pada Manusia Dewasa. Jurnal Masyarakat Informatika, 4(8), 35-43.
Ratnawati, Z., Ulya, H., & Rahayu, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Android Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (Vol. 1, No. 1, pp. 13-25).
Salsabila, Z. R., Purwati, H., & Shodiqin, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Majalah Lontar, 34(3), 98-107.
Shodiqin, A., Sukestiyarno, S., Wardono, W., Isnarto, I., & Utomo, P. U. P. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 809-820).
Shodiqin, A., Sukestiyarno, S., Wardono, W., Isnarto, I., & Utomo, P. U. P. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 809-820).
Shodiqin, A., Sukestiyarno, S., Wardono, W., Isnarto, I., & Utomo, P. U. P. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 809-820).
Susiana, E. (2010). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 73-82.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.