Analisis pola penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas II SD 1 Ternadi

Zumna Afifatun Nisa, Aira Annastasya, Diana Ermawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola penalaran matematis yang digunakan siswa kelas II SD 1 Ternadi dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas II, dipilih secara purposive 9 siswa dalam tiga kategori kemampuan: atas, menengah, dan bawah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang melibatkan penggambaran data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SD 1 Ternadi cenderung menggunakan pola penalaran induktif, berfokus pada ide konkret dan pola yang dapat dilihat, dibandingkan dengan penalaran deduktif yang lebih abstrak. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran pecahan yang efektif di kelas ini harus mengutamakan metode berbasis konkret, mendukung siswa untuk berinteraksi langsung dengan konsep pecahan sebelum beralih ke penalaran abstrak. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan untuk strategi pengajaran yang lebih tepat sasaran dalam mendukung pemahaman matematis siswa pada tingkat dasar. 

Keywords


Analisis; Penalaran; Matematika; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. Retrieved from https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. Retrieved from https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI : Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Ermawati, D., Fardani, I., Nurunnaja, D., Ni’mah, A. U., & Astuti, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Pecahan di Kelas IV SD. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), X(X), 161–172. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Ermawati, D., Febbilla, R. F., Setiawati, H. I., Wulandari, R. W., & Anggira, R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Soal HOTS Siswa Kelas III SDN 1 Kedungdowo. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.952

Ermawati, D., Nihayati, N. F., Marlin, C. M., Aleansyah, F., & Noviyanti, P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 1 Gribig. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(1), 93–103. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan SD 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 205–211. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index

Hilaliyah, & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125–133. Retrieved from https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Juliawati, E., Sugiatno, & Astuti, D. (2016). Pola Penalaran Matematis Siswa dalam Materi Bilangan Bulat di Sekolah Menengah Pertama. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15175

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Qomarudin, M., Mustafa, M., & Basir, M. A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(1), 69–76. Retrieved from https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.294

Rachmiati, W. (2015). Membangun Pemahaman Siswa SD terhadap Konsep Pecahan dengan Pembelajaran Konstruktif. Jurnal Primary, 3(2), 183–200.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penalaran & Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Operasi Hitung Campuran sebagai Implementasi dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 235–244. Retrieved from https://doi.org/10.21093/jtik.v4i2.6761

Riyadi, A. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SD Negeri 2 Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 176–188. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14730

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48. Retrieved from https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803

Silverman, D. (2016). Qualitative Research. London: SAGE Publications Ltd.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 154–175. Retrieved from https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.