Analisis pola penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas II SD 1 Ternadi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. Retrieved from https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. Retrieved from https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI : Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Ermawati, D., Fardani, I., Nurunnaja, D., Ni’mah, A. U., & Astuti, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Pecahan di Kelas IV SD. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), X(X), 161–172. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Ermawati, D., Febbilla, R. F., Setiawati, H. I., Wulandari, R. W., & Anggira, R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Soal HOTS Siswa Kelas III SDN 1 Kedungdowo. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.952
Ermawati, D., Nihayati, N. F., Marlin, C. M., Aleansyah, F., & Noviyanti, P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD 1 Gribig. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(1), 93–103. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan SD 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 205–211. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Hilaliyah, & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125–133. Retrieved from https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Juliawati, E., Sugiatno, & Astuti, D. (2016). Pola Penalaran Matematis Siswa dalam Materi Bilangan Bulat di Sekolah Menengah Pertama. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15175
Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Qomarudin, M., Mustafa, M., & Basir, M. A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(1), 69–76. Retrieved from https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.294
Rachmiati, W. (2015). Membangun Pemahaman Siswa SD terhadap Konsep Pecahan dengan Pembelajaran Konstruktif. Jurnal Primary, 3(2), 183–200.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penalaran & Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Operasi Hitung Campuran sebagai Implementasi dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 235–244. Retrieved from https://doi.org/10.21093/jtik.v4i2.6761
Riyadi, A. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SD Negeri 2 Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 176–188. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14730
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48. Retrieved from https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803
Silverman, D. (2016). Qualitative Research. London: SAGE Publications Ltd.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 154–175. Retrieved from https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.