Literasi statistik mahasiswa berdasarkan tingkatan berpikir matematika

Mahyudi Mahyudi, Endaryono Endaryono, Rifki Ristiawan

Abstract


Literasi menjadi hal penting dalam memahami suatu permasalahan matematika, termasuk dalam hal ini adalah literasi statistik. Kemampuan literasi ini meliputi pemahaman dalam menganalisis kasusnya, bernalar dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Literasi diperlukan untuk menentukan penyelesaian dari suatu kasus statistik. Pemahaman terhadap permasalahan menjadi langkah awal dalam proses literasi. Setelah melalui tahapan ini, kemampuan bernalar dan menganalisis permasalahan, menjadi bekal untuk dapat sampai pada tahap menarik kesimpulan. Akan tetapi, tahapan-tahapan ini tidak menjadi mudah bagi mahasiswa, terutama bagi mereka yang jarang membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang rendah. Penelitian ini untuk melihat gambaran literasi statistik mahasiswa termasuk berdasarkan tingkatan berpikir matematika dalam hubungannya dengan kemampuan penalaran dan kemampuan berpikir kritis matematis. Dengan adanya informasi dan data literasi statistik mahasiswa ini, dapat diketahui sudah sejauh mana perkembangannya, sehingga dapat diberikan suatu latihan yang mengasah kemampuan tersebut.


Keywords


literasi statistik; tingkatan berpikir matematika; kemampuan penalaran; kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Croft, T., Kouvela, E., & Martinez, P. M. (2018). This is what you need to be learning: an analysis of messages received by first-year mathematics students during their transition to university. Math Ed Res J, 30(1), 165-183. https://Doi.Org/10.1007/S13394-017-0226- 2.

Delmas, R. C. (2002). Statistical literacy, reasoning, and thinking: A commentary. Journal of Statistics Education, 10(2).

Fitri, I, Wahyu Setianingrum & Delyanti. (2023). Fenomena literasi statistikpad Pembelajaran Matematika Siswa SMA di Lhoukseumawe Aceh. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 12, No. 2, 2023, 1927-1941. Universitas Muhammadiyah Metro.

Hariyanti, F., & Wutsqa, D. U. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46 58. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.1 4997

Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical Literacy Proficiency Development Based on Content, Context, and Process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.8 0

Maryati, Iyam. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Statistis dalam Materi Variabilitas. Range: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 Tahun 2021. Pendidikan Matematika Universitas Timor.

NCTM. (2000). Principles and Standards fo School Matematics. Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.

Prihastari, EB, dkk. (2023). Analisis Literasi Statistik pada Mahasiswa PGSD dalam Mata Kuliah Statistik Pendidikan. JURNAL BASICEDU Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 671 – 680. Universitas Pahlawan.

Pujiati, A, dkk. (2023). Literasi Statistik Mahasiswa Pendidikan Matematika ditinjau dari Resiliensi Matematik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Setiani, SW & Amin Suyitno. (2021). Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik. Qalamuna, Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama Vol. 13 No. 2 (2021) 257-270. Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo

Takaria, J dan Melvie Talakua. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, Volume 2, Nomor 2, November 2018, Halaman 395-408. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon

Utami, EP, dkkk. (2023). Eksplorasi Statistik Literasi Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan vol Volume 5 Nomor 6 Desember 2023 Halaman 2268 – 227. Universitas Al Washliyah, Indonesia

Watson, J. M., & Callingham, R. A. (2006). Statistical literacy: From idiosyncratic to critical thinking. In G. Burrill & M. Camden (Eds.), Curricular Development in Statistics Education (pp. 116–162). International Statistical Institute.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i4.19613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.