Analisis Kemampuan Bernalar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Kuadrat ditinjau dari Gaya Berpikir

Rif'an Muk'adzin, Dewi Susilowati, Isna Farahsanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan bernalar siswa kelas X SMAN 1 Polokarto pada pembelajaran matematika pokok bahasan persamaan kuadrat ditinjau dari gaya berpikir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan berjumlah 4 siswa yang mewakili masing-masing gaya berpikir yaitu Sekuensial Konkret, Sekuensial Abstrak, Acak Konkret, dan Acak Abstrak. Pengumpulan data menggunakan tes pengolahan informasi, tes kemampuan penalaran, dan wawancara. Adapun pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan Triangulasi Metode. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret tidak memenuhi indikator penalaran, siswa hanya mampu pada tahap mengajukan dugaan saja. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak telah memenuhi seluruh indikator penalaran. Siswa mampu dalam mendalami informasi dalam soal. Siswa dengan gaya berpikir acak konkret tidak memenuhi indikator penalaran, siswa tidak menuliskan informasi yang terdapat dalam soal dan siswa acak abstrak tidak memenuhi indikator penalaran, siswa tidak menuliskan informasi dalam soal dengan lengkap.


Keywords


matematika; kemampuan bernalar; gaya berpikir

Full Text:

PDF

References


Allathifah, A. U., Afghohani , A., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara. 164 - 171

DePorter, B., & Hernacky, M. (2016). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.

Fitri, S. N., Liana , M., & Rosmery T., L. (2023). Penalaraan Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc. Aksioma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 131-146.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, Vol.10, No.2, 157-168.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 131-143.

Komara, I. B. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa . 33 - 42: PSIKOPEDAGOGIA.

Kurniawati, W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Polya dalam Pembelajaran Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Berpikir Gregorc Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, P. A. (2019). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Logarita Ditinjau Dari SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember.

Ma'rufi. (2011). Kemampuan Matematis dan Gaya Berpikir Mahasiswa. Jurnal Dinamika. 28 - 44.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natalia, S. S., Sujatmiko, P., & Crisnawati, H. E. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. JPMM : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 104 – 117.

Puspaningtyas, N., Hadiprasetyo, K., & Farahsanti, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dengan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi. Absis : Mathematics Education Journal.11-17

Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya. Vol.2, No.1, 42 - 59.

Romadhina, D., Junaidi, I., & Masrukan. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik kelas VIII SMP 5 Semarang. Prosiding Seminar nasional Pascasarjana UNNES. 547 - 551.

Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan. Vol.4, No.2, 179 - 188.

Suprihatin, N., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Software Macromedia Flash pada Materi Lingkaran di MTs Syamsul Huda Kediri. Cartesian : Jurnal Pendidikan Matematika. 69-75.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i5.19629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.