Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas XI AKL 3 SMK Negeri 2 Madiun Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Group Investigation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017
Binur, R., & Sahono, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 01(1), 1–23.
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya (Julia (ed.); Kesatu). UPI PRESS.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (Pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Herwanto, A. (2015). Peningkatan Kerjasama dan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. 03(01), 64–73.
Ningrum, M. F., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi IPA Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 SDN Kumpulrejo 2. E-Jurnal Wahana Kreatifitas Pendidik, 1(3).
Puspitasari, N. I., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik melalui Penerapan Model Group Investigation. Bio-Pedagogi, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35544
Ramadani, Kamal, M., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS TI Candung. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 1–14.
Suhartono, & Indramawan, A. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Academia Publication.
Sukadana, M. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa …. GARA, 12(2), 139–146. http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/view/55
Supriyadi, T., & Muhfahroyin, M. (2014). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Group Investigation (Gi). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i1.228
Syafril, & Zen, Z. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Prenada Media.
Vermana, D. Y., & Syilvia, I. (2019). Penerapan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 60–68.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i5.19765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.