Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas XI AKL 3 SMK Negeri 2 Madiun Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Group Investigation

Febriana Nor Fadhilla, Febriana Nor Fadhilla

Abstract


Kerjasama siswa yang rendah menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Kerjasama siswa ialah kegiatan yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan secara bersamaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah penerapan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning group investigation (GI) pada pembelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Madiun dengan subjek yakni 31 siswa kelas XI AKL 3. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kerjasama siswa dengan penerapan model GI. Rata-rata tingkatan kerjasama siswa di siklus I yakni 43% menjadi 68.27% di siklus II.

Keywords


group investigation; kerjasama siswa; matematika

Full Text:

PDF

References


Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Binur, R., & Sahono, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 01(1), 1–23.

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya (Julia (ed.); Kesatu). UPI PRESS.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (Pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Herwanto, A. (2015). Peningkatan Kerjasama dan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. 03(01), 64–73.

Ningrum, M. F., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi IPA Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 SDN Kumpulrejo 2. E-Jurnal Wahana Kreatifitas Pendidik, 1(3).

Puspitasari, N. I., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik melalui Penerapan Model Group Investigation. Bio-Pedagogi, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35544

Ramadani, Kamal, M., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS TI Candung. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 1–14.

Suhartono, & Indramawan, A. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Academia Publication.

Sukadana, M. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa …. GARA, 12(2), 139–146. http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/view/55

Supriyadi, T., & Muhfahroyin, M. (2014). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Group Investigation (Gi). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i1.228

Syafril, & Zen, Z. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Vermana, D. Y., & Syilvia, I. (2019). Penerapan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 60–68.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i5.19765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.