Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Statistika ditinjau dari Gaya Belajar Deporter dan Hernacki

Linda Anggita, Herry Agus Susanto, Erika Laras Astutiningtyas

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Wonogiri dalam menyelesaikan soal statistika ditinjau dari gaya belajar DePorter dan Hernacki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, tes tertulis, dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 9 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual dengan kategori tinggi dan sedang mampu melalui keempat tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik sedangkan subjek dengan gaya belajar visual kategori rendah hanya mampu melalui satu tahapan pemecahan masalah Polya. Subjek dengan gaya belajar auditorial dengan kategori tinggi dan sedang mampu melalui keempat tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik sedangkan subjek dengan gaya belajar auditorial kategori rendah hanya mampu melalui satu tahapan pemecahan masalah Polya. Subjek dengan gaya belajar kinestetik dengan kategori tinggi dan sedang mampu melalui keempat tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik kategori rendah hanya mampu melalui satu tahapan pemecahan masalah Polya. Hasil dari penelitian  menunjukkan bahwa subjek dengan kategori tinggi dan sedang pada setiap gaya belajar mampu memecahkan permasalahan dengan baik daripada subjek dengan kategori rendah.

Keywords


Gaya Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah; Statistika

Full Text:

PDF

References


Al-Hamzah, I. N. F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2246–2254. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.832

Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bermuatan Higher-Order Thinking Skills ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743

Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. 1(2020), 66–80.

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JPMI: Journal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 09(2), 175–187. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD (N. N. Muli). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suci, I. G. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Purwokerto: Pena Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vahlia, I., Ramadhani, N., Loreza, N., & Febrilia, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Statistika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 79–85.

Wulandari, D. A., & Budiarto, M. T. (2016). Profil Pemecaham Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.

Yusuf, M., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/893




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i5.20531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.