Analisis Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Media M4th-Lab Channel

Dian Muti'ah, Herry Agus Susanto, Annisa Prima Exacta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik setelah digunakannya media video youtube bernama m4th-lab Channel pada Peserta Didik Kelas X4 SMA Negeri 1 Nguter Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik dengan 11 peserta didik yang akan menjadi subjek yang akan diteliti lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis data setelah menggunakan m4th-lab channel, kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X4 SMA Negeri 1 Nguter dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jumlah peserta didik kategori tinggi sebanyak 21,2% atau 7 peserta didik, kategori sedang sebanyak 60,6% atau 20 peserta didik, dan kategori rendah 18,2%  atau 6 peserta didik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X4 SMA Negeri 1 Nguter setelah menggunakan media m4th-lab channel berada pada kategori tinggi, sedang, rendah.­­­­­­­


Keywords


Pemahaman Konsep Matematika; Media Pembelajaran; m4th-lab channel

Full Text:

PDF

References


Agustin, V., Wicaksono, A. G., Prihastari, E. B., Riyadi, S., Sumpah, J., No, P., & Banjarsari, K. (2024). Efektivitas Media Fotonovela terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian pada Peserta Didik Kelas 3 SDN Tegalrejo 1 Sragen Tahun Ajaran 2023 / 2024. 8(1), 13818–13829. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14343

Derfia, J., Gusmania, Y., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Trigonometri Kelas X Ips 2 Sman 17 Batam. Cahaya Pendidikan, 6(2), 128–138. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2794

Kirana, A., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 374–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992

Musa, R. N., Monoarfa, J. F., & Regar, V. E. (2024). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X. 08(December 2023), 1040–1048. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3031

Nuriah, S., Aripin, U., & Rohaeti, E. E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(2), 109–120. https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.2.109-120

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132–148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303

Putra, I. S., Islamiati, N., & Komalasari, L. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pembelajaran Theorema Pyhtagoras. 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342

Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi. Didactical Mathematics, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010

Zaidi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Smp/Mts (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32921/1/M Safrul Zaidi, 180205073, FTK, PMA.pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i5.20543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.