Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dan Mean Ends Analysis Berbantuan Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa

Muhammad Amin Wahyudi, Djoko Purnomo, Irkham Ulil Albab

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan Mean Ends Aalysis berbantuan Prezi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Dukuhwaru Tegal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Prezi, kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Mean Ends Aalysis berbantuan Prezi dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan 2 tuntas KKM; (2) ada perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari ketiga kelompok; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol ; (4) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (5) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen 2; (6) terdapat pengaruh positif persepsi siswa terhadap pembelajaran Discovery Learning berbantuan Prezi pada eksperimen 1; dan (7) terdapat pengaruh positif persepsi siswa terhadap pembelajaran Mean Ends Analysis berbantuan Prezi pada eksperimen 2. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Mean Ends Analysis berbantuan media presentasi Prezi efektif dan lebih baik daripada pembelajaran Konvensional pada materi vektor.

Keywords


Etnomatematika; Kesenian Barongan di Kabupaten Blora; Geometri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Alfabeta.

Budiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Cetakan 4 edisi 2. Surakarta: UNS Press.

Depdiknas. (2008). Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

FPMIPATI. (2015). Pedoman penulisan skripsi dan karya tulis ilmiah. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Model Pembelajaran Means Ends Analysis. (n.d). Mei 31, 2013. http://proposalmatematika23.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-means-ends-analysis.html.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susna, S., Darsikin, D., & Mansyur, J. Pengaruh Penyajian Contoh Soal dengan Teknik Means End Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri I Kasimbar. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(4).

Nurhadi, M. (2017). Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.