Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Intan Shih Mutiarawati, Supandi Supandi, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media geogebra dibandingkan dengan kelas konvensioanl pada materi lingkaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan geogebra) dan VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t), uji ketuntasan belajar individu dan klasikal, uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media geogebra telah mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Cretive Problem Solving (CPS) berbantuan media geogebra lebih baik dari siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. 3) Adanya pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords


Creative Problem Solving; Media Geogebra; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, Nur. 2014. Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Surabaya, 3(2).

Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiyono.2009. Statistika untuk Penelitian. Solo: UNS Press.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Erfawan, E dan S Nurhayati. 2015. Keefektifan Model Creative Problem Solving Berbantuan Buku Saku pada Hasil Belajar Kimia. Jurnal Kimia FMIPA UNNES. ISSN: 2252-6609.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isrok’atun, Amalia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Keteren, Ratna Julianti dkk. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Fungsi Kuadrat Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa kelas XII IPA SMA Negri 1 Sentani. Jurnal Matematka Ilmiah dan Pembelajaran, 2(1).

Nopiyani, Dian, Turmudi dan Sufyani Prabawanto. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. ISSN: 2086 4280.

Purwati, Ramadhani Dewi dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Rahmawati, N. D. & Sutrisno. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Take and Give dan Time Token Berbantuan Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Matematika SMP. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(2).

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).

Sa’adah Doroinis dkk. 2017. Pengembangan Perangkat Ajar Model Core Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VIII. Jurnal Edumath. ISSN: 2356-2063.

Seregar, Antoni.2016. Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2). ISSN :2303-1832.

Sari, Komala Fiska dkk.2016. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2) ISSN: 2086-5872

Sugiono. 2016. Metode Penlitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Yuli dan Sugiman. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Creative Problem Solving. Phytagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2). ISSN: 1978-4538.

Sahrudin, Asep.2014. Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA. ISSN: 2338-2996.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suprihatingrum, Jamil.2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.