Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika

Rizka Fajriyati, Supandi Supandi, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya prestasi belajar matematika. Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Agus Salim Semarang. Sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas dengan model pembelajaran Group Investigation (GI), kelas VIII C sebagai kelas dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas VIII B sebagai kelas konvensional. Data penelitian ini diperoleh melalui post test. Berdasarkan hasil perhitungan Anava satu arah, terdapat perbedaan antara siswa yang mendapat model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika. Uji scheffe’ prestasi belajar matematika antara kelas dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Uji scheffe’ prestasi belajar matematika antara kelas dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Uji scheffe’ antara kelas dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) sama baiknya dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Selanjutnya uji regresi linier sederhana bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) maupun Numbered Head Together (NHT) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Uji proporsi, bahwa siswa yang mendapat model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) tuntas secara individual maupun klasikal.

Keywords


Group Investigation (GI); Numbered Head Together (NHT); Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Annurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Budiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian (edisi ke-2). Surakarta: UNS Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Ertikanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi

Fahradina. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigation Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika.

Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Fitriani.2014. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dengan Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ketenagakerjaan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Jangka. Vol. II, No.2.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Irawan dan Ningrum. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan (PKWU) Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri Metro TP 2015-2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4(2), 61-68.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jusmawati, dkk. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1).

Kusumaningtyas, W. (2016). Efektivitas Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal e-DuMath, 2(1), 102-108.

Lestari. 2017. Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. SMA Negeri 1 Semarang. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mifzal, A. 2014. Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Jogjakarta: Javalitera.

Riyadi, dkk. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Assesment For Learning (AFL) Melalui Penilaian Sejawat pada Materi Persamaaan Garis Lurus Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Shoimim, A. 2014. Model Pembelajaran Inovtaif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Sholikhah, dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) pada Materi Garis Singgung Lingkaran Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7).

Siregar dan Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galhia Indonesia.

Siregar, A. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Sonda, R. dkk. 2016. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Setting Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Simbuang. Jurnal Daya Matematis, 4(1).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Osdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.