Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi aljabar. Berpikir kritis merupakan salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 19 Semarang yang terdiri dari tiga siswa, siswa berkemampuan matematika tinggi, siswa berkemampuan matematika sedang dan siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik, dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampun matematika tinggi. Sedangkan pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan matematika rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dipositions and Abilities. University of Illinois.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hassoubah, Z. I. 2004. Developing Creative & Critical Thinking: Cara Berpikir Keatif & Kritis. Bandung: Nuansa
Katz, Victor J. 2007. The Mathematics of Egypt, Mesopotomia, China, India, and Islam. Oxford: Princetoon University Press.
Kieran, C. 2004. Algebraic Thinking in Early Grades. The Mathematics Educator, 8(1): 139-151.
Kowiyah. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5): 175-179.
Kurniasih, A. W. 2010. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unnes dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika SD. Forum Kependidikan, 28(2): 136-142.
Liberna, Hawa. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Peggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif, 2(3): 190-197.
Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nahdi, Dede Salim. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Brain Based Learning. Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2).
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nisa', R. 2016. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. Jurnal Apotema, 2(1).
Rasiman. 2013. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.
Setyaningsih, T.D., Agoestamto, & Kurniasih. 2014. Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Siswa Menggunakan PBL dalam Tugas Pengajuan Masalah Matematika. Jurnal KREANO, 5(2).
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhaedi, D. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis , Berpikir Aljabar, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Thomas, P. E. 2009. Critical Thinking Instruction in Selected Greater Los Angeles Area High Schools. Disertasi. California: Azusa Pacific University.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.