Profil Kemampuan Spasial Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif pada Siswa Kelas VIII SMP

Rahma Nur Aini, Yanuar Hery Murtianto, Dina Prasetyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa pada materi lingkaran ditinjau dari gaya kognitif reflektif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2018/2019, dengan subjek penelitian kelas VIII B. Untuk mengetahui jenis gaya kognitif siswa, maka dilakukan MFFT (Matching Familiar Figure Test). Sedangkan, untuk dapat mengetahui kemampuan spasial siswa maka dilakukan dengan pemberian tes yang mencakup 3 komponen kemampuan spasial yaitu Spatial Visualization, Spatial Orientation, dan Spatial Relation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes gaya kognitif, soal tes kemampuan spasial dan pedoman wawancara. Penelitian ini dimulai dengan penentuan subjek penelitian yaitu 2 siswa reflektif, kemudian pemberian tes kemampuan spasial dan dilanjutkan dengan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informan yang diperoleh dengan membandingkan hasil tes tertulis dengan hasil wawancara. Dalam penelitian menunjukkan bahwa subjek reflektif menunjukkan ketercapaian kemampuan spasial pada tingkatan tinggi karena subjek reflektif berpikir lama dan mendalam untuk mempertimbangkan keputusan jawaban.

Keywords


Kemampuan Spasial; Gaya Kognitif Konseptual Tempo; Gaya Kognitif Reflektif

Full Text:

PDF

References


Aprilia, N. C., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. (2017). Proses berpikir siswa gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 2(3), 31-37.

Azustiani, H. (2017, July). Kemampuan Spasial Siswa SMP kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 293-298).

Febriana, E. (2015). Profil kemampuan spasial siswa menengah pertama (smp) dalam menyelesaikan masalah geometri dimensi tiga ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13-23.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11-20.

Gardner, H. 2013. Kecerdasan Majemuk (Teori dalam Praktik). Tangerang: Interaksa.

Manfaat, B. (2010). “Membumikan Matematika dari Kampus ke Kampung”. Jakarta: Buku Kita.

Maier, Peter Herbert. (1994). “Spatial Geometry And Spatial Ability How To Make Solid Geometry Solid?” 69-81

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2/septembe).

Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2019). Berpikir Reflektif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pgri Semarang Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(2), 43-47.

Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Riastuti, N., Adamura, F., & Lusiana, R. (2016, November). Analisis Kecerdasan Spasial Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas Viii Smp Tahun Pelajaran 2014/2015. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sternberg, Robert and Elena. 2014. “Are Cognitive Styles Still in Style?”. The American Psychologist Association. 52 (7) : 700-712

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Warli. 2009. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, Penerapan MIPA. 2(1) : 110 – 127.

Warli. 2010. Kreativitas Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1) : 110 – 127.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267-275.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.