Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Rosdianah Rosdianah, Kartinah Kartinah, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam  belajar materi garis dan sudut. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Brebes sebanyak 2 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket faktor penyebab kesulitan, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan kesulitan prinsip dan keterampilan (skill) disebabkan oleh (1) kemampuan siswa dalam memahami prinsip masih rendah; (2) Kurangnya ketelitian dalam memahami permasalahan yang diberikan; (3) Siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan tidak mengoreksi kembali jawaban yang sudah ditulis; sedangkan siswa dengan kesulitan konsep, prinsip dan keterampilan (skill) disebabkan oleh (1) Kemampuan siswa dalam memahami konsep masih rendah; (2) Kurangnya pemahaman siswa terkait prinsip; (3) Kurangnya ketelitian dalam memahami permasalahan yang diberikan; (4) Siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan tidak mengoreksi kembali jawaban yang sudah ditulis; dan (5) Siswa menganggap materi garis dan sudut terlalu sulit, sehingga menimbulkan perasaan malas untuk mengulang materi yang telah di ajarkan.  Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar  pada siswa dengan jenis kesulitan prinsip dan keterampilan (skill) dengan persentase indikator minat sebanyak 23%, kebiasaan belajar 20%, konsentrasi 33% dan motivasi sebanyak 23%, kemudian siswa  dengan jenis kesulitan konsep, prinsip dan keterampilan (skill) persentase indikator minat sebanyak 27%, kebiasaan belajar 24%, konsentrasi 25% dan  motivasi sebanyak 24%. 

Keywords


Kesulitan Belajar; Faktor Penyebab Kesulitan; Faktor Internal; Jenis Kesulitan

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele . Madrasah : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar II (1).

Acharya, B. R. (2017). Factor Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International JournAL Of Elementary Education 6 (2), 8.

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya . Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 97.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartono. (2010). Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif , 1.

Kemendikbud. (2016). Kilasan Kerja 2016 Kementrian dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi.

Muchyidin, A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Nuha Litera, Yogyakarta.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech dan Bisnis.

Sanhadi, K. C. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Program Linear Ditinjau dari Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas XI SMA MTA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Sunardi. (2001). Hubungan Antara Usia, Tingkat Berpikir dan Kemampuan Siswa dalam Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika "Peran Matematika Memasuki Milenium III" . Surabaya : Jurusan Matematika FPMIPA ITS Surabaya.

Tias, Wutsqa. (2015). Analisis Kesultan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2 (1), 1.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5 (1), 24.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.