Efektifitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Discovery Learning Berbantu LKS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkaran Kelas Viii SMP N 2 Donorojo

Anita Setia Dewi, Sunandar Sunandar, Dhian Endahwuri

Abstract


Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan saintific pada model pembelajaran Numbered Head Togetherdan Discovery Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran matematika, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang cenderung monoton, untuk itu model pembelajaranNumbered Head Togetherdan Discovery Learningberbantu LKS sangat diperlukan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Togetherdan Discovery Learningberbantu LKS terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SMP N 2 Donorojo Jepara. Sampel penelitian ini kelas VIII A, VIII B dan VIII C. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design. Alat pengumpulan data berupa tes esai. Berdasarkan hasil uji anava satu arah didapatkan Fobs > Ftabel. Kemudian pada komparasi rerata antar baris digunakan Uji Scheefe’didapatkan F1-3> Ftabel, F2-3> Ftabel, dan F1-2> Ftabel. Pada kelas VIII A yang menggunakan pembelajaran  Numbered Head Togethersebanyak 19 siswa tuntas secara individual dengan presentase 86,36% tuntas secara klasikal. Pada kelas kelas VIII B yang menggunakan pembelajaran  Discovery Learningsebanyak 20 siswa tuntas secara individual dengan presentase 90,91% tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan model Discovery Learning berbantu LKS, model Discovery Learning berbantu LKS, dan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan model Numbered Head Together berbantu LKS lebih efektif dari pada  pembelajaran konvensional. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan model Discovery Learning berbantu LKS lebih efektif dari pada  pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan model Discovery Learning berbantu LKS dan model Numbered Head Together berbantu LKS. (5) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu LKS mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. (6) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu LKS mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. (7) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional tidak mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Togetherdan Discovery Learningberbantu LKS dapat diterapkan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Keefektifan; NHT; Discovery Learning; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ba’run, Yusem. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kota Rantepao. Makassar: Jurnal Daya Matematis, Volume 4 No. 1 maret 2016.

Dian Dwi Astutik, Budiyono dan Budi Usodo. 2016. Eksperimentasi Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Saintifik pada Materi Bilangan ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Surakarta tTahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Jurnal Elektronil Pembelajaran Matematika. Vol. 4, No. 1:1-9.

Delfita Ovemy, Kartini, Sekar. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mateatika Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru.

Fitriyah, Ali Murtadlo, dan rini Warti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jambi: Vol. 9 No. 2 juni 2017 Halaman 108-112.

Jufri, Wahab. 2013.Belajar dan Pembelajaran SAINS.Bandung:Pustaka Reka Cipta.

Kusumarani Ika, Erlina Prihatmani. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 1 Salatiga.

Ratih Kusumaningrum, Budiyono dan Sri Subanti. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT), dan Think Pair Share (TPS) pada Materi Lingkaran ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Sukoharjo: Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol,3.No.7:705-7016.

Satria, Lusi dan Nurrahmawati. 2015. Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belaar Matematika Siswa SMPN 3 Rambah Romo.

Yusnelda. 2015. Metode Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.