Etnomatematika pada Perhitungan Weton dalam Tradisi Pernikahan Jawa

Suraida Suraida, Supandi Supandi, Dina Prasetyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan bentuk etnomatika dalam perhitungan wetonuntuk menentukan hari baik pernikahan masyarakat Jawa. Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Sari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah memberikan angket kepada beberapa warga yang sudah menikah dan melakukan wawancara terhadap sesepuh desa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa segian besar masyarakat di Desa Tanjung Sari masih mempercayai tradisi perhitungan wetonuntuk menentukan hari baik atau buruk dalam pernikahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menentukan hari baik pernikahan digunakan sistem modulo dan pola bilangan. 

Keywords


Etnomatematika; Modulo; Pola bilangan

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2017). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa. Jurnal Formatif, 253-261.

Buchori, A., Rasiman, R., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2015). Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(2), 113-121.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-malaysiaKabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14-23.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.