Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Berbantuan Question Card terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA
Titik Jumiyatun, Sunandar Sunandar, Dhian Endahwuri
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Card, Teams Games Tournamentberbantuan Question Card, dan konvensional; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Card; (5) ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuanQuestion Card. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X MIPA 2sebagai kelas eksperimen 1, X MIPA 3sebagai kelas eksperimen 2, dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Learningberbantuan Question Card,Teams Games Tournament berbantuan Question Card, dan konvensional; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardlebih baik daripada model pembelajaran konvensional;(4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa pada model Pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan Teams Games Tournamentberbantuan Question Card;(5) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Question Carddan Teams Games Tournamentberbantuan Question Cardmencapai ketuntasan belajar.
Keywords
Problem Based Learning; Teams Games Tournament; Question Card; dan pemecahan masalah
Ajiyanto, dkk. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPPM) Solusi. Vol 2, No. 3.
Angkotasan, Nurma. 2014. Keefektifan Model Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 3, No. 1.
Farida, Linda Nur. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan LT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol 1, No. 1.
Ibrahim. 2008. Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. 90-99.
Ibrahim dan Nur Hidayati. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal AgriSains. Vol. 5, No. 2.
Kemendikbud. 2018. Laporan Capaian Nilai Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Napitulu dan Mansyur. 2011. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Generasi Kampus, 4: 139-148.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.