Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Yulia Ika Trisnawati, Sudargo Sudargo, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Contextual Teaching and Learningdan model Problem Based Learninguntuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 28 Semarang pada materi penyajian data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 28 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel Penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelompok kelas kontrol (Konvensional), VII B sebagai kelompok kelas eksperimen 2 (PBL) dan VII D sebagai kelompok kelas eksperimen 1 (CTL). Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan pemahaman konsep, observasi lembar keaktifan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning, model Problem Based Learningdan model pembelajaran konvensional; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learningsama dengan model Problem Based Learning; (3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learninglebih baik dari model pembelajaran konvensional; (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning  lebih baik dari model pembelajaran konvensional; (5) Ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learningdan model  Problem Based Learning; (6) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learningdan model Problem Based Learningdapat mencapai KKM

Keywords


Efektivitas; Contextual Teaching and Learning; Problem Based Learning; Kemampuan Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Apatiya, N. A. 2011. Penerapan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Sub Materi Pokok Segitiga dan Jajargenjang pada Kelas VII SMP Negeri 5 Batang(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Fajri, M. 2017. Kemampuan Berpikir Matematis dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Lemma, Vol III No.2.

Hadiyanti, R., -, K., & -, S. 2012. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murti, C. A., Djalil, A., & Sutiarso, S. 2015. Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(6).

Prasetyowati, D. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dan Konstruktivisme dengan Pendekatan Savi (Somatic Auditory Visual Intellectual) Berbantu Cd Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 17-27.

Prasetyowati, D. 2015. Efektivitas Mobile Learning pada Mata Kuliah Geometri dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret).

Rusyda, N. A., & Sari, D. S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 150-162.

Septialamsyah, M.A.L. 2014. Pengaruh Kecemasan dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Resource Based Learning Materi Prisma Dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.2 No.2, Juli, hlm 57-67.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.