Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share Berbantuan Focusky terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK

Khadari Agung Cahyono, Agung Handayanto, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Penggunaan pembelajaran konvensional dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran berdampak pada prestasi belajar matematika siswa yang tidak sesuai harapan. Alternatif pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa digunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) berbantuan Focusky. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran GI dan TPS berbantuan Focusky terhadap prestasi belajar siswa kelas XSMK.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan tiga kelas secara acak yang digunakan sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini adalah Postest-Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model GI berbantuanFocusky, model TPS berbantuan Focusky, dan pembelajaran konvensional;(2) prestasi belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model GI berbantuanFocuskylebih baik dari pembelajaran konvensional;(3)prestasi belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model TPS berbantuan Focusky lebih baik dari pembelajaran konvensional; (4) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model GI berbantuanFocuskydengan model TPS berbantuan Focusky;(5) terdapat pengaruh keaktifan siswa setelah mendapatkan pengajaran dengan model GI berbantuanFocuskydan model TPS berbantuan Focuskyterhadap prestasi belajar siswa;(6) prestasi belajar siswa yang mendapatkan pengajaran dengan model GI berbantuanFocuskydan model TPS berbantuan Focuskymencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran GI dan TPS berbantuan Focusky efektif digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Group Investigation; Think Pair Share; Focusky; Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Herman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 143-157. Sulawesi Selatan: STKIP Andi Matappa.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2), 105-114.

Bahktiar, Hidayat, dkk. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Problem Posing Pada Pokok Bahasan Peluang Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas XI SMK Di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 10(3), 1127-1137. Surakarta: FKIP UNS.

Borneo, Dony. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 3(1), 444-453.

Dewi, Ratna Sinthia. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 3, (2), 319-326.. Dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj (diakses pada 18 Maret 2019).

Dwijayanti, Ida. (2015). Efektivitas Kelas Humanistik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Karakteristik Peserta Didik. 67-78. Dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/554/509 (diakses pada 18 maret 2019).

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran (1 ed.). Yogyakarta: Media Akademi.

Fajriyati, Rizka, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(4), 56-66. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif (1 ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Herawati, Ratna, dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(7), 644-655. Surakarta: FKIP UNS.

Kusumaningtyas, E. (2018). Menguak MEBEL IT Matematika. Gresik: Caramedia Communication.

Medyasari, L. T., Muhtarom, & Sugiyanti. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Aksioma, 8(1), 65-75. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Nasution, Ismail Saleh. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika-FKIP UMSU. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(2), 160-166. Sumatera Utara : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Noerantika, Rera & Latifah, Habibatul. (2018). Efektivitas Penerapan model Koopertif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 1 Boyolangu. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 29-34. Tulungagung : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Pandya, Shefali. (2011). Interactive Effect Co-operative Learning Model and Learning Goals of Students on Academic Achievement of Students in Mathematics. Meviana International Journal of Education (MIJE), 1(2), 27-34.

Parianti. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Think Pair Share Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 368.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. Dari:http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3491/2497 (diakses pada 15 Maret 2019).

Rosadi, Amri, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 17 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 1(1), 148-161. Surakarta : FKIP UNS.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (1 ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendakatan Kuatitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafwan. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(4). 227-238.

Zakaria, Effandi, Lu Chung Chin and Md. Yusoff Daud. (2010). The Effects of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences, 6(2), 272-275. Department of Methodology and Educational Practice, Faculty of Education, University Kebangsaan Malaysia, Dari:https://pdfs.semanticscholar.org/22a4/c0ffa7d7f7beb3fef2174e8c1e43bd69e982.pdf (diakses 26 Februari 2019).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.