Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbantu Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII

Bellinda Marsya Iskandar, Djoko Purnomo Purnomo, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbentuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphayang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode 4D. Yang terdiri dari 4 tahap yaitu yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang. Dengan menggunakan random samplingdiperoleh dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah 1. Pengembangan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphapokok materi sistem persamaan linear dua variabel valid dan praktis menurut ahli media, ahli materi, dan respon siswa.2. Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphalebih efektif dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran teacher center.

Keywords


Lembar Kegiatan Siswa; Wolfram Alpha; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Badrun, H. 2013. Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP. Desember 2013.

Mahmud. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran ISK dan di Ditinjau dari Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. November 2014

Maiyena, S. 2013. Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakteruntuk Materi Global Warming. Jurnal..

Noviyanti Eka. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMA Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 3(1): 3.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak Pada Benda).

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak Pada Benda).

Soegiranto. 2010. Terpadu Berbasis Salintemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. April 2013.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.