Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa

Aulia Naili Sa’adah, Nizaruddin Nizaruddin, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematikapada materi bangun datar dengan gaya kognitif reflektif siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah koesioner, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari enam orang dari SMP N 5 Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan berpikir kreatifsubjek reflektif cenderung tinggi, dimana saat menyelesaikan masalah subjek reflektif mampu memenuhi semua indikatorberpikir kreatifdengan baik, 2) siswa reflektif yang berada pada tingkat kemapuan berpikir sangat kreatif lebih bisa memberikan jawaban yang meluas yaitu mampu menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu alternatif jawaban, dan  3) siswa yang berada pada tingkat kemampuan berpikir kreatif juga sudah memenuhi semua indikator meskipun jawaban masalah tunggal. 

Keywords


Berpikir Kreatif; Pembelajaran Matematika; Gaya Kognitif Reflektif.

Full Text:

PDF

References


Basey, Sam. W &Umoren, Grace. 2009. Cognitive Styles, Secondary School Students’ Attitude And Academic Perfomance In Chemistry In Akwa Ibom Stata-Nigeria

Budiono. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Emir, S. 2013. Contribution of Teacher's Thinking Styles to Critical Thinking Disposition (Istanbul-Fatih Sample). Educational Consultancy andResearch Center, P-13.

Fardah,Dini Kinati. 2012.Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Endeed

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktif. Jakarta:Bumi Aksara.

Hasratudin. 2014. Pembelajara Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. 1(2), 30-42.

In’am, A. dkk. 2010. Peran Matematika, Pendidikan Matematika serta Terapannya dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan PendidikanMatematika. 978-979-796-153-4.

Pemendikbud 2014. Peraturan Menteri Penddikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Akarta : Rineka Cipta

Nisa', R. 2016. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. JurnalApotema. 2(1).

Rahman, A. 2008. Analisis HasiI Betajar Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Secara Psikologis dan KonseptualTempo pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.072, Tahun ke-14, Mei. 452-473

Rahmatina, S., U. Sumarmo & R. Johar. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1). ISSN 2355- 4185.

Siswono, T. E. Y.& I. K. Budayasa. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Matematika.Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Siswono, Tatag Yuli Eko 2007. Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Surabaya : UnesaUniversity Press.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Vahrum, F. dan Rahaju, E. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematka Kontekstual pada Materi Himpunan Berdasarkan Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif. Jurnal IlmiahPendidikan Matematika. 3, 2301-9085

Walgito, bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Y. N. Firdausi, M. Asikin, Wuryanto. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari GayaBelajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA)

Warli. (2010). Kreativitas Pemecahan Masalah Siswa SMP Jember. Kadikma. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1), 110-127, 2085-0662.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.