Pengembangan Modul Pembelajaran

Hanna Haristah Al Azka, Rina Dwi Setyawati, Irkham Ulil Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada Materi SPLDV kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D (Define, Desain, Development, Dissamination). Penelitian ini dilakukan pada siswa–siswa SMP Negeri 1 Wirosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penilaian uji validasi materi diperoleh 86,25%(sangat baik), rata-rata penilaian uji validasi ahli media pembelajaran diperoleh 86%(sangat baik)dan rata-rata angket kepraktisan media diperoleh 87,8%. Uji keefektifan dengan posttest. Dari analisis nilai posttest dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan modul pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada Materi SPLDV kelas VIII yang dikembangkan valid, praktisdan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII.

Keywords


Modul Pembelajaran; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Amin S. M. 2006. Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Pembelajaran Matematika yang melibatkan Kecerdasan Intrapribadi dan Interpribadi. Disertation. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian. Hasil Belajar. UNS Press

Chodijah, S dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan

Model Guided Inquiey yang dilengkapi Peniliaian Prtofolio pada Materi Gerak Melingkar.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika(1) 1-19

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Depdiknas

Depdiknas. 2013. Permen Nomor 68 Tahun 2013. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathmatics Education.

Gravemeijer. K. &. (1999). Context problem in realistic mathematics education: A calculus courseas an example. Education studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Hamalik, O. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hariyati. 2008. Pengembangan Materi Luas Permukaan dan Volum Limas Yang Sesuai dengan Karakteristik PMRI di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2.No.1

Haryanti, Fhina. 2015. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan FlipBook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. Skripsi Sarjana. Semarang : Universitas PGRI Semarang.

Hidayati, K (2013). Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SD/MI. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan., 11(1), 163 - 181

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta'dib, VIII, 71.

Kemendiknas. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik di SMP. Yogyakarta: Kemendiknas

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana.

Purwanto, H.dkk. Aljabar Linear. Jakarta : PT. Ercontara Rajawali.

Rochim, M. dkk. 2016. Pengembangan LKS Dengan Pendekatan PMRI Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4 (1), 35-43

Sembiring, R, H. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesia classroom through RME. ZDM. 40(6), 927-209.

Simanulang, J. 2013. Pengembangan LKS Materi Himpunan Konteks Lascar Pelangi Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2), 25-36.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana. 2015. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto dan Cepti Safrudidin A.J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan.

Jakarta:PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M. S. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Ditingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Surapranata, S. (2009). Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Trijono, R. (2012). Alternatif Model Analisis Peraturan Perundang-undangan Rechts Vinding, I, 361.

Usman, Uzer. 2011. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Wagimun & Lestariningsih. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Pmri Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas VIII (Developing Grup Activity Sheet By The Appoarch Of Pmri On The Curve Materials). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3 (2), 189-198

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment realistic mathematics education for Indonesia student teachers. (Doctoral dissertation, University of Twente, Enshede.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.