Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran untuk Menurunkan Kecemasan Siswa terhadap Matematika

Arisma Widiarti, Julan Hernadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran bermain peran yang dapat menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika pada materi aritmatika sosial (2) Mengetahui penurunan kecemasan siswa terhadap matematika setelah diterapkan metode pembelajaran  bermain peran pada materi Aritmatika sosial kelas VII G SMP N 1 Kecamatan Bungkal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 1 Kecamatan Bungkal yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket kecemasan matematika siswa, wawancara dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerapan metode pembelajaran bermain peran dapat menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika. Penerapan metode pembelajaran yang berbasis  simulasi  ini dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Persentase  rata-rata keterlaksanaan pembelajaran guru mencapai kriteria sangat baik yaitu 96,66% dan  persentase rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran siswa telah mencapai kriteria baik, yaitu 88,20%.  Dari hasil analisis angket presentase tingkat kecemasan matematika mengalami penurunan menuju kecemasan rendah pada tiap siklusnya. Pada siklus II kecemasan matematika tingkat rendah mencapai 73,07, kecemasan matematika tingkat sedang 19,23%, dan kecemasan matematika tingkat tinggi 7,69%.


Keywords


Metode Pembelajaran; Bermain Peran; Kecemasan Matematika; Aritmatika Sosial.

Full Text:

PDF

References


Dwi Laksana S. 2017. Metode pembelajaran MESEM. Ponorogo : Penerbitan & Percetakan Calina Media.

Halgin P. Richar & Susan Krauss Whitbourne. 2010. Psikologi Abnormal Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis. Jakarta: Salemba Humaika.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Holmes, D. (1990). Abnormal Psychology. New York: Harper Collins Publiher, Inc. Dalam Eka Karunia Lestari & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Jeanne Ellis, Ormord. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga

Nana Sudjana,. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Peker, M. (2009). Pre-service teachers’ teaching anxiety about mathematics and their learning styles. Eurasia Journal of Mathematics, Science, Technology Education. Vol. 5(4). 335-345.

Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru. Jakarta.

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Whyte, J. & Anthony, G. (2012). Math anxiety: the fear factor in the mathematics classroom. New Zealand Journal of Teacher’s Work. Vol. 9(1). 6-15.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.