Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII

Isna Shofa Ani, Supandi Supandi, Lilik Ariyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan antara penggunaan model Pembelajaran Realistic Mathematisc Education danStudent Teams Achievement Division pada materi bangun datar segitiga dan segi empat terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIIA, VIIC dan VIID dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, metode dokumentasi dan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan belajar individu dan klasikal, uji regresi linear sederhana, uji anava satu jalur, sertauji scheffe.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model Realistic Mathematics Educationdan Student Teams Achievement Division tidak efektif, karena hanya memenuhi dua dari tiga indikator efektivitas,sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan model Realistic Mathematics Education danStudent Teams Achievement Divisionbelum mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. (2) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada model Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Division. (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Realistic Mathematics EducationStudent Teams Achievement Division konvensional. (4) Kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Realistic Mathematics Education lebih baik daripada konvensional. (5) Kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Student Teams Achievement Division lebih baik daripada konvensional. (6) Kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Realistic Mathematics Education lebih baik dari Student Teams Achievement Division.

Keywords


Realistic Mathematics Education; Student Teams Achievement Division; Pemahaman Konsep Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evakuasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta: Online.

Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dwijayanti, I. (2014). Efektifitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Universitas PGRI Semarang.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evakuasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta: Online.

Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dwijayanti, I. (2014). Efektifitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Universitas PGRI Semarang.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Herawati, Dwi Putra, O., & dkk. (Juni 2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, vol.4 No.1.

Ika, Dinawati, T., & Nurcholif, D. (2012). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala di SMP Negeri 3 Arjasa Kelas VII B Semester Ganji Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, Vol. 3, hlm. 1330-146.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 2-229 – 2-235.

Slavin, & Robert, E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soegeng, A. Y. (2016). Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnim Pustaka Utama.

Sudarma, m. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, & Dkk. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.

Sulianto, J., & Kurniawan, E. P. (2013). Implementai Pembelajaran RME (Realistic MathematicEducation) Terhadap Penalaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. Volume 3 Nomor 2.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa metode Pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.