Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evakuasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta: Online.
Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Dwijayanti, I. (2014). Efektifitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Universitas PGRI Semarang.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evakuasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta: Online.
Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Dwijayanti, I. (2014). Efektifitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Universitas PGRI Semarang.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herawati, Dwi Putra, O., & dkk. (Juni 2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, vol.4 No.1.
Ika, Dinawati, T., & Nurcholif, D. (2012). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan dan Skala di SMP Negeri 3 Arjasa Kelas VII B Semester Ganji Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, Vol. 3, hlm. 1330-146.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 2-229 – 2-235.
Slavin, & Robert, E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Soegeng, A. Y. (2016). Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnim Pustaka Utama.
Sudarma, m. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, & Dkk. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.
Sulianto, J., & Kurniawan, E. P. (2013). Implementai Pembelajaran RME (Realistic MathematicEducation) Terhadap Penalaran dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. Volume 3 Nomor 2.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa metode Pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.