Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak KesulitanBelajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fristadi, R., dan Haninda, B., “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning”Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, ISBN. 978-602-73403-0-5, hal 597-602.
Huberman, M. A dan Matthew B. M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Imam, S,dkk . 2016. Proses Berpikir Siswa Kelas XI Farmasi SMK Citra Medika Sragen dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, ISSN: 2339-1685 Vol 04 No 1 Maret 2016, hal 105-116.
Istianah, E. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2 No 1 Februari 2013, hal 43-54.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E.E., dan Hasratuddin. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal KreanoJurusan Matematika FMIPA UNNES, ISSN 2086-2334, Vol. 05, No. 2, Desember 2014, hal 157-169
Kowiyah, “Kemampuan Berpkir kritis” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 5, Desember 2012, hal 175-179.
Lestari, K.E. 2016. Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Unsika, ISSN: 2338-2996 Volume 02 Nomor 1 November 2014, hal 36-46.
Mahmudi, A dan Tatan S. 2015. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, ISSN: 2477-1503 Vol 02 No 1 Mei 2015, hal 107-120.
Moleong, LJ. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohaeti, E. 2012. “Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Students”.Educationist, ISSN: 1907-8838 Volume 04 Nomor 02 Juli 2010, hal 99-106.
Sahin, SA dan Nihal T. 2016. “Relationship between Professional Value and Critical Thinking Disposition of Science-Technology and Mathematics Teachers”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, ISSN 1305 8223, 12(1),25-40.
Somakim. 2011. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Forum MIPA, Vol. 14, No. 1, Januari 2014, hal 42-48
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sunaryo, Y. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, ISSN: 2356-3915 Vol 1 No 2 Tahun 2015, hal 41-51.
Syahbana, A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning”. Edumatica, ISSN: 2088-2157 Volume 02 Nomor 01 April 2012, hal 45-57
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.