Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aljabar

Lalu Calvian Pramuditya, Supandi Supandi, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematika merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa SMP ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika.Jenis penelitian yang digunakan adalah Diskriptif dengan subjek penelitian minimal satu  siswa kelas VIII-B dari SMP Kesatrian 2 Semarang dari masing-masing kemampuan matematis tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulais metode dengan membandingkan data tes yang dikerjakan oleh siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah a) untuk siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis sangat baik karena memenuhi semua indikator FRISCO. b) untuk siswa dengan kemampuan matematis sedang  memiliki kemampuan berpikir kritis baik karena hanya memenuhi beberapa indikator FRISCO. c) untuk siswa dengan kemampuan matematis  rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah karena banyak indikator FRISCO yang tidak terpenuhi. Penyebab kurangnya berpikir kritis pada siswa adalah kurangnya pemahaman materi, keaktifan dalam bertanya kurang, serta kurangnya  latihan soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda

Keywords


Deskriptif; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Abdulrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak KesulitanBelajar. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fristadi, R., dan Haninda, B., “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning”Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, ISBN. 978-602-73403-0-5, hal 597-602.

Huberman, M. A dan Matthew B. M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Imam, S,dkk . 2016. Proses Berpikir Siswa Kelas XI Farmasi SMK Citra Medika Sragen dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, ISSN: 2339-1685 Vol 04 No 1 Maret 2016, hal 105-116.

Istianah, E. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2 No 1 Februari 2013, hal 43-54.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E.E., dan Hasratuddin. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal KreanoJurusan Matematika FMIPA UNNES, ISSN 2086-2334, Vol. 05, No. 2, Desember 2014, hal 157-169

Kowiyah, “Kemampuan Berpkir kritis” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 5, Desember 2012, hal 175-179.

Lestari, K.E. 2016. Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Unsika, ISSN: 2338-2996 Volume 02 Nomor 1 November 2014, hal 36-46.

Mahmudi, A dan Tatan S. 2015. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, ISSN: 2477-1503 Vol 02 No 1 Mei 2015, hal 107-120.

Moleong, LJ. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohaeti, E. 2012. “Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Students”.Educationist, ISSN: 1907-8838 Volume 04 Nomor 02 Juli 2010, hal 99-106.

Sahin, SA dan Nihal T. 2016. “Relationship between Professional Value and Critical Thinking Disposition of Science-Technology and Mathematics Teachers”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, ISSN 1305 8223, 12(1),25-40.

Somakim. 2011. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Forum MIPA, Vol. 14, No. 1, Januari 2014, hal 42-48

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sunaryo, Y. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, ISSN: 2356-3915 Vol 1 No 2 Tahun 2015, hal 41-51.

Syahbana, A. 2012. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning”. Edumatica, ISSN: 2088-2157 Volume 02 Nomor 01 April 2012, hal 45-57




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.