Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif

Iis Islamiyati, Aryo Andri Nugroho, Lilik Ariyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif implusif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIIIA SMPYanbu’ul ulum Lumpur, Losari Brebestahun ajaran 2019/2020yaitu siswa gaya kognitif reflektif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes MFFT, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dan waktu yang berbeda.  Hasil penelitian ini sebagai berikut : profil kemampuanpemecahan masalah matematis subyek dengan gaya kognitif reflektif sudah memenuhi ciri kognitif reflektif dan tahapan indikator polya namun siswa kognitif reflektif dalam penelitian mempunyai temuan baru yaitu pada saat di ditanya bagaimana jika menggunakan cara lain dalam menjawab soal, subjek paham dalam memecahkan masalah pada soal tersebut menggunakan cara apasaja namun subjek bisa mengerjakan soal tersebut hanya menggunakan cara eliminasi saja.

Keywords


Profil Kemampuan Pemecahan Masalah; Gaya Kognitif Reflektif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Bandung: PT Rineka Cipta.

Ayu, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah, hlm. 12-19.

Fauziah, A. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT. Forum Pendidikan, hlm. 1-13.

Firestone, P. (1997). The Effects of Verbal and Material Rewards and Punishers on the Performance of Implusive and Reflective Children. Child Study Journal, hlm. 71-78.

Kafiar, E. K. (2015). Proses Berfikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV di Tinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya.

Kenny, R. F. (2007). Digital Narrative as a Change Agent to Teach Reading to Media-Centric Students. International Jurnal of Social Sciences, Volume 2.

Miles, M. B. (2014). Analisis Data Kualitatif ( Buku Sumber Metode Baru). Jakarta: 41 Pers.

Muhtarom, d. (2018). Metacognitive Ability of Male Students: Difference Impulsive Reflective Cognitive Style. Journal of Physics, hlm. 3.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. (2000). Principle and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM.

Pratical, I. (2000). Mathematics Problem Solving. Mathematics and Science, Nort West Regional Educational Laboratory.

Rozencwajg, P. &. (2005). Cognitive Processes in the Revlective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, hlm. 451-463.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Surya. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Ulya, K. &. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Vieved from Student's Cognitive Style. International Journal of Education an Research, hlm. 557-558.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Kemendikbud.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran "Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif". Jakarta: Bumi Aksara.

Warli. (2008). Pentingnya memahami gaya kognitif implusif reflektif bagi guru. Majalah Ilmiah Sain dan Edukasi, Vol. 6 No. 2 Juli 2018, Lembaga Penelitian IKIP Jember.

Warli. (2010). Kemampuan Matematika Anak Reflektif dan Anak Implusif. Prosiding, Universitas Muhammadiyah Malang.

Widadah, S. D. (2013). Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, hlm. 13-24.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.