Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme Berbantu Media E-Book Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas X di SMKN 11 Semarang

Ikke Putri Silva, Djoko Purnomo, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis disebabkan pembelajaran di sekolah masih menggunakan pembelajaran konvensional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar pendekatan konstruktivisme berbantu media e-book berbasis android dengan pendekatan konvensional; (2) Pendekatan konstruktivisme berbantu media e-book berbasis android lebih baik daripada pendekatan konvensional; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditoi, dan kinestetik; (4) Terdapat interksi antara pendekatan konstruktivisme dan konvensional dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Experimental Designdi kelas X SMKN 11 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Samplingdengan sampel kelas X DG 1 kelompok eksperimen dan X PG 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, pretest untuk data awal dan posttest untuk hasil data akhir. Hasil penelitian menunjukan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar pendekatan konstruktivisme berbantu media e-bookberbasis android dengan pendekatan konvensional; (2) Pendekatan konstruktivisme berbantu media e-book berbasis android lebih baik daripada pendekatan konvensional; (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditoi, dan kinestetik; (4) Tidak terdapat interksi antara pendekatan konstruktivisme dan konvensional dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Efektivitas; Konstruktivisme; E-book; hasil belajar; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Budiyono. 2009. Statistika Untuk Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Amir, Mohammad Faizal. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. Volume 01 Nomor 02.

Setyono, Yulian Adi, Sukarmin, Daru Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 01 Nomor 01.

Khayati, Fitrotul, Imam Sujadi, Dewi Retno Sari Saputro. 2016. Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII Smp. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685. Volume 04 Nomor 07 hal 608-621.

Puspitasari, Ana, Lusia Rakhmawati. 2013. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02 Nomor 02.

Azhari, Somakim. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 07 Nomor 02.

Nurani, Ainin, Nugrahardi Ramadhani. 2014. Perancangan Buku Interaktif Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Sains Dan Seni Pomits. Volume 03 Nomor 01.

Riyanto, Bambang, Rusdy A Siroj. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 05 Nomor 02.

Hartina, Nita Siti. 2018. Efektivitas Pembelajaran dengan Model PBL Berbantu Digital Book dan Discovery Learning Berbantu Media Interaktif pada Materi Fungsi Kelas X SMA Negeri 10 Semarang. Skripsi Universitas PGRI Semarang.

Salma, Maida Mooryani. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Probling Prompting Learning Berbantu Camtasia Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA N 1 Jekulo Kudus. Skripsi Universitas PGRI Semarang.

Abdul, Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ diakses pada 24 mei 2019.

Romadhan, Akbar dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Hal 451-456.

Sinaga, B., Sinambela, P. N. J. M., Sitanggang, A. K., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Manullang, S., Simanjorang, M., & Bayuzetra, Y. T. (2014). Buku Guru Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Http://Literaturbook.Blogspot.Com/2014/12/Pengertian-Efektivitas-Dan-Landasan.Html (Diakses Pada 9 Juni 2019)

Septiati, Eti. 2012. Keefektifan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real I. Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Pgri Palembang.

Http://Pangeranarti.Blogspot.Com/2014/11/Pengertian-Pendekatan-Pembelajaran.Html (diakses pada 10 Juni 2019)

Sunilawati, Ni Made, Nyoman Dantes, I Made Candiasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas Iv Sd. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Volume 03.

Sari, Ariesta Kartika. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic .Volume 01 Nomor 01.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.